Jelang Pilkada Banten 2024 'Sang Ratu' Bebas, Konstelasi Pilkada DKI Ikut Berpengaruh

Jelang Pilkada Banten 2024 'Sang Ratu' Bebas, Konstelasi Pilkada DKI Ikut Berpengaruh

Ilustrasi: Ratu Atut Chosiya-Syaiful Amri/Disway.id-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten, Hj. Ratu Atut Chosiyah, S.E., bebas. Wanita yang lama mendekam di jeruji besi ini pun diprediksi bakal memainkan pengaruhnya di tanah Jawara.

"Kebebasannya Ratu Atut Chosiyah memiliki arti penting bagi para pengikutnya yang setia. Yang lama menunggu. Tentu kolega, sahabat, khususnya lingkaran bisnis juga sudah menunggu kiprahnya di tanah Banten," ujar Direktur Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie kepada Disway.id, Selasa 6 September 2022.

Menurut Jerry Massie, kemungkinan besar Ratu Atut Chosiyah bisa memberikan saran, pendapat sampai campur tangan dalam hal siapa kandidat dari dinastinya yang dinilai layak memimpin Banten dalam Pilkada 2024.

"Kita mendengar ada poros Airin Rachmi Diany yang kabarnya didukung Golkar untuk maju Pilgub Banten. Sementara ada Andika Hazrumy anak kandungnya Ratu, yang sudah belajar banyak dalam siklus pemerintahan di Banten saat duduk sebagai Wakil Gubenur. Ya, ini menarik," imbuhnya. 

BACA JUGA:Teriakan 'Bang Zaki Gubernur' Menggema di JCC, Ahmed Zaki Iskandar: Sabar, Ini Belum Selesai, Terima Kasih

Poros Airin Rachmi Diany pastinya mendapat sokongan dari suaminya Tubagus Chaeri Wardana. Sementara Andika Hazrumy sudah sewajarnya pula melanjutkan karir politiknya sebagai calon Gubernur.

"Tinggal kita lihat, dengan kembalinya Ratu Atut apakah skenario awal akan berubah, atau tetap memainkan pola awal. Andika Hazrumy maju Pilkada Kabupaten Serang, Airin Rachmi Diany berhadapan dengan Wahidin Halim. Ini seru," ujar Jerry Massie.

Apalagi, sambung dia, muncul wajah lama dari PDI Perjuangan. Seperti Rano Karno yang kabarnya tengah melakukakan pendekatan dengan Zaki Iskandar (Bupati Tangerang). 

"Semua kemungkinan bisa saja terjadi. Rano memiliki kekuatan dengan PDIP-nya, Zaki Iskandar sosok berpengaruh di Tangerang Raya yang memiliki basis jumlah pemilih terbesar di Banten," imbuhnya.


Rano Karno dan Zaki Iskandar di Balaraja, Tangerang.-ist-

BACA JUGA:Zaki Iskandar atau Airin yang Lebih Layak Dijagokan Golkar di Pilgub DKI Jakarta 2024? Ini Jawaban Pengamat  

Beda persoalan, sambung Jerry, jika Zaki Iskandar tetap mempertahankan Partai Golkar dan memilih berjibaku pada Pilgub DKI Jakarta.

"Karena peluang Zaki Iskandar sangat besar. Minimal posisi Wagub-lah. Zaki ketua Golkar DKI. Pasangannya bisa dari PDIP atau koalisi lain. Ya, ritme politik tergantung kecocokan saja," pungkas Jerry Massie.              

Sementara itu, Kepala Humas dan Bagian Protokol Ditjen PAS Kemenkumham Apriantika membenarkan bahwa hari ini Mantan Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiyah, S.E., dikeluarkan dari Lapas Kelas IIA Tangerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: