Menhub Budi Buka Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2022

Menhub Budi Buka Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2022

Pameran IEMS 2022 resmi dibuka.-M Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID- Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi resmi membuka pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 yang di inisiasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu 28 September 2022.

Pada acara opening ceremony tersebut Menhub Budi Karya juga didampingi Profesor Riset BRIN dan inisiator IEMS Eniya Listiani Dewi, Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN ‪Mego Pinandito, Staf Khusus Menteri ESDM Sripeni Inten Cahyani, dan undangan lainnya.‬‬

"Saya apresiasi peneiliti dan pabrikan sang secara aktif melakukan kegiatan. Ini artinya kita sudah maju pada tahapan kendaraan Electric Vehicle," ujar Menhub Budi pada sambutannya, Rabu 28 September 2022.

BACA JUGA:IEMS 2022 Resmi Dibuka, Gratis Untuk Umum, Diikuti 50 Peserta Pameran

Pada penyelenggaraan IEMS untuk kali ketiga ini ke-3, BRIN ingin mengajak berbagai pihak untuk menjadi bagian dari ekosistem yang akan mendorong inovasi dan pertumbuhan di bidang Autonomous Vehicle (AV), sesuai dengan tema yang diusung yaitu “Strenghtening Autonomous Ecosystem”.

IEMS merupakan upaya BRIN dalam rangka mendorong percepatan program kendaraan listrik nasional. 

IEMS 2022 yang merupakan pameran khusus ekosistem dan infrastruktur kendaraan listrik dengan menghadirkan berbagai inovasi teknologi kendaraan bermotor listrik, baik roda dua, roda empat, charging station, baterai kendaraan listrik, dan industry pendukung lainnya yang akan menjadi representasi pencapaian industri otomotif nasional.

Sebelumnya, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan, IEMS 2022 merupakan ajang untuk mensosialisasikan tentang ekosistem kendaraan listrik, termasuk juga terkait peran riset dan inovasi dalam pembangunan ekonomi dan sosial. 

“IEMS 2022 merupakan salah satu bentuk dukungan dari BRIN bersama stakeholders serta produsen kendaraan listrik di Indonesia dalam menginformasikan perkembangan berbagai inovasi terbaru kendaraan listrik di Indonesia,” jelas Handoko.  

BACA JUGA:Kemenangan Atas Curacao Jadi Motivasi, Shin Tae-yong Sampaikan Harapannya

Menurut Handoko, pengembangan kendaraan listrik dilakukan untuk memenuhi Prioritas Riset Nasional (PRN) Kendaraan Listrik 2020-2024 yang berfokus pada penguasaan teknologi kunci kendaraan otonom, seperti sistem deteksi objek/sensor, sistem telekomunikasi, human to vehicle interaction dan computer vision. 

“Pengembangan kendaraan listrik di era sebelumnya difokuskan pada penguasaan teknologi komponen kunci, seperti motor listrik, baterai, control system/power electronics, platform dan charging system,” tambahnya. 

IEMS menjadi ajang untuk memperluas jaringan dengan periset KBLBB dan para pengambil keputusan. Para expert juga akan saling berbagi ilmu dan pengetahuan melalui seminar dan talkshow. 

Para peserta dapat mengenal problematika penyimpanan energi dalam baterai dan proses pengolahan limbah, konversi kendaraan bensin menjadi listrik, pengembangan produk non-darat, serta produk berbasis teknologi hijau lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: