8 Sekolah Kedinasan Gratis Tanpa Biaya, Lulus Auto Jadi CPNS

8 Sekolah Kedinasan Gratis Tanpa Biaya, Lulus Auto Jadi CPNS

Sekolah Kedinasan 2023-ilustrasi-Berbagai sumber

5. STIS

Politeknik Statistika STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan program Diploma IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik sejak 1958, memberi kesempatan lulusan sekolah menengah umum jurusan IPA untuk dididik menjadi ahli statistik.

Melansir laman SPMB STIS, pada 2021 STIS membuka untuk Program Studi Statistika Program Diploma III, Program Studi Statistika Program Diploma IV, dan Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV.

Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh wilayah Indonesia.

Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III/a dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa pendidikan, mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan (tanpa uang saku). Untuk melihat persyaratan pendaftaran 2021, bisa diakses di sini.

6. Poltekip dan Poltekim

Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) adalah Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Mengutip laman Poltekip, jurusan yang tersedia yaitu Manajemen Pemasyarakatan, Teknik Pemasyarakatan, dan Bimbingan Pemasyarakatan.

Sementara itu melansir laman Poltekim, Poltekim melatih individu untuk bekerja dalam pekerjaan pemerintah di bidang imigrasi, baik untuk ditempatkan di kantor imigrasi di seluruh Indonesia atau di unit imigrasi di perwakilan luar negeri Indonesia.

Adapun program studinya yaitu:

1. D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian

2. D4 Administrasi Keimigrasian

3. D4 Hukum Keimigrasian

4. D3 Keimigrasian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: