Dari Tragedi Kanjuruhan, Semua Pihak Bisa Belajar untuk Bangun Momentum Perdamaian

Dari Tragedi Kanjuruhan, Semua Pihak Bisa Belajar untuk Bangun Momentum Perdamaian

Tragedi Kanjuruhan Bisa Buat Belajar Banyak Hal Positif-Risto Risanto-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Tragedi Kanjuruhan Malang, Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu 1 Oktober 2022 bisa dijadikan pengingat bagi seluruh pihak untuk tidak mengulanginya lagi kelak.

Dengan adanya kondisi itu, akhirnya justru memaksa beberapa pihak saling salah menyalahkan dalam tragedi yang menimbulkan ratusan korban jiwa itu.

Namun, sejatinya, sudah seharusnya sikap seperti itu segera ditiadakan. Alangkah lebih baiknya untuk tetap mawas diri dan mengevaluasi semua pihak untuk bisa melakukan tindakan yang lebih baik ke depannya.

BACA JUGA:Lesti Kejora Makin Emosi Setelah Ditalak Satu Rizky Billar, Kuasa Hukum: Tarik Kalung Suami Hingga Putus

Dengan begitu, maka diharapkan tragedi serupa yang pernah terjadi di Kanjuruhan, Malang tidak lagi terulang.

Harapan itu disampaikan oleh seorang fans Barito Mania Jakarta Lutfi Ramadan saat hadir dalam agenda Nobar dan Sharing Session, serta solidaritas untuk Kanjuruhan, yang diselenggarakan di Jakarta, Minggu 9 Oktober 2022

"Semua saya rasa harus bisa evaluasi masing-masing, termasuk suporter, termasuk PSSI, termasuk aparat Kepolisian dan termasuk pemerintah," pungkas Lutfi.

"Jadi semua harus terlibat dalam evaluasi dan usut tuntas ini. Jadi dalam hal kedepannya, jangan sampai lagi terjadi umpatan antar pihak-pihak sepakbola yang itu malah merugikan kita, yang mana hari ini Timnas kita itu sedang jaya-jayanya," tambahnya.

BACA JUGA:Pertemuan Erick Thohir dengan Presiden FIFA Disorot Tajam, Umar Hasibuan: Sejak Kapan jadi Menpora?

Lutfi ingin ke depannya sepak bola Indonesia bisa semakin maju dan berkembang di segala aspek.

Ia sama sekali tidak ingin berbagai pihak sampai pada akhirnya semua saling menuduh dan tidak mau bertanggung jawab.

"Ini tanggung jawab kita semua, termasuk PSSI, termasuk aparat Kepolisian dan Pemerintah. Ini adalah momentum sepakbola kita menjadi lebih baik lagi," paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat RI, Arya Sandhiyudha menyebut bahwa dengan terjadinya tragedi Kanjuruhan bisa menjadi suatu pengingat yang pahit.

BACA JUGA:Daftar Lengkap 16 Negara yang Lolos ke Piala Asia U-17 2023, Mimpi Indonesia Kandas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: