Rusia dan Ukraina Sepakat Hadiri KTT G20 di Bali

Rusia dan Ukraina Sepakat Hadiri KTT G20 di Bali

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky (kanan) dikabarkan setuju hadiri KTT G20 di Bali pada November 2022 nanti. -Kolase-Instagram-

TOKYO, DISWAY.ID-Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan baik Rusia maupun Ukraina menyambut sangat positif undangan untuk mengunjungi KTT G20 yang akan diadakan pada pertengahan November di Bali, Indonesia. 

"Hingga saat ini, reaksi (atas undangan KTT G20) sangat positif," katanya.

Menlu Retno mengatakan, Indonesia akan terus membangun hubungan dengan para pemimpin kedua negara.

BACA JUGA:Tegang! Arab Saudi Disebut Berpihak ke Rusia, Joe Biden: Akan Ada Konsekuensi

Sementara mengutip TASS.Com Rabu 12 Oktober 2022, Portal berita Nasional mengatakan pada 7 Oktober bahwa presiden Rusia dan Ukraina, Vladimir Putin dan Vladimir Zelensky telah setuju untuk ambil bagian dalam KTT tersebut. 

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab, akomodasi mereka saat ini sedang diatur. KTT G20 akan berlangsung di Bali pada 15-16 November.

BACA JUGA:Puluhan Rudal Rusia Bombardir Ibu Kota Ukraina, 5 Orang Tewas dan Puluhan Luka Berat

Adapun dalam keterangannya tentang konfirmasi kehadiran KTT G20 Menlu Retno menyampaikan bahwa, pihaknya tidak menerima respon negatif dari para undangan. 

"Sejauh ini kita tidak menerima respon negatif. Kita tidak menerima respon negatif dari semua negara anggota G20 sejauh ini mengenai kehadiran Leaders-nya," kata Retno dalam keterangannya, Kamis 13 Oktober 2022. 

Retno mengatakan bahwa Kemenlu akan terus mempersiapkan partisipasi para pemimpin negara G20. 

"Koordinasi dengan Perwakilan negara G20 dan juga negara-negara undangan terus dilakukan untuk mempersiapkan partisipasi para Pemimpin. Jadi Perwakilan mereka yang ada di Indonesia terus mempersiapkan ground working-nya untuk kehadiran para Leaders-nya".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: