Heru Budi Perintahkan Dinkes DKI Siapkan Puskesmas Hingga RSUD Tangani Sakit Gagal Ginjal pada Anak

Heru Budi Perintahkan Dinkes DKI Siapkan Puskesmas Hingga RSUD Tangani Sakit Gagal Ginjal pada Anak

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. -Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID- Maraknya isu gagal ginjal akut apa anak akibat obat sirup, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono merespon langsung agar Pemprov DKI Jakarta untuk bergerak. 

Lewat Pemprov DKI Jakarta, Heru Budi memerintahkan Dinkes DKI untuk mempersiapkan RSUD hingga Puskesmas untuk menangani kasus tersebut. 

Hal itu dilakukan untuk mengatisipasi adanya korban dalam gagal ginjal akut misterius yang saat ini terjadi.

BACA JUGA:Soal Macet, Heru Budi Usulkan Kurangi U-turn dan Perbanyak Jalur Satu Arah, Dirlantas Tanggapi Begini

Heru berharap dengan adanya penanganan yang cepat dapat mencegah meluasnya kasus. 

"Sudah ada surat edaran dari Kemenkes terkait hal ini, untuk mengantisipasi dan saya udah minta ke Dinkes untuk mempersiapkan segalanya mulai dari RSUD sampai dengan di kecamatan dan mudah-mudahan ini tidak menjadi lebih luas," ujar Heru di Polda Metro Jaya, Kamis 20 Oktober 2022.

Heru juga mengatakan telah bertemu dengan pihak Kemenkes untuk menggunakan Labkesda DKI Jakarta yang dianggap bagus dan dapat digunakan sebagai tempat uji coba.

Uji coba ini dilakukan untuk memastikan bahwa penyebab gagal ginjal akut tersebut. 

Meski demikian dia meminta untuk meminta awak media bertanya langsung dengan Kemenkes mengenai penyebab penyakit tersebut. 

BACA JUGA:Heru Budi Pastikan Fasilitas Labkesda DKI Jakarta Sudah Lengkap

"Labkesda di daerah-daerah yang memegang itu akan bergabung di DKI dan menyamakan, sama untuk presisinya saya kira seperti itu. sehingga Semuanya sama untuk hasil ujinya," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mencatat ada 71 kasus gagal ginjal akut sejak Januari sampai dengan 19 Oktober 2022.

Temuan kasus gagal ginjal akut sebanyak tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti saat melakukan kunjungan ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI, Rawasari, Jakarta Pusat, Kamis 20 Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: