Beredar Daftar Obat Sirup Mengandung Etilen Glikol, Picu Gagal Ginjal Akut, Ternyata BPOM Baru Ungkap Ini

Beredar Daftar Obat Sirup Mengandung Etilen Glikol, Picu Gagal Ginjal Akut, Ternyata BPOM Baru Ungkap Ini

BPOM telah melarang peredaran obat sirup untuk anak dan dewasa yang mengandung EG atau DEG.--

JAKARTA, DISWAY.ID-- Beredar daftar obat sirup mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) dengan narasi menyebabkan gagal ginjal akut misterius, di jaringan media sosial.

Dalam informasi yang beredar di media sosial itu, daftar tersebut memuat 29 obat sirup dengan berbagai merek dan kemasan.

Selain obat sirup untuk penurun demam, obat mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang ada dalam daftar tersebut di antaranya obat untuk pereda nyeri, flu, batuk, sakit kepala hingga sakit maag.  

BACA JUGA:63 Persen Pasien Gagal Ginjal Akut Meninggal, RSCM Rawat 49 Orang Hingga Oktober Ini

BACA JUGA:Sebelum Terlambat, IDAI Kembali Ingatkan Nakes Setop Beri Resep Obat Sirup, Kasus Gagal Ginjal Akut Meningkat

Ternyata hingga saat ini, daftar obat sirup mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang beredar tersebut tidak dikeluarkan atau rilis resmi dari institusi berwenang yang menangani permasalahan ini.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia baru mendapati hasil atas pengujian dan sampling terkait obat sirup yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

Berdasarkan keterangan tertulis BPOM, pihaknya telah melakukan pengujian 39 bets dari 26 obat sirup sampai dengan 19 Oktober 2022.

Hasilnya, BPOM telah menemukan terdapat lima obat sirup yang mengandung zat Etilen Glikol (EG) yang disebut melebihi ambang batas aman.

Kelima obat sirup diduga mengandung cemaran zat Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) atau melebihi ambang batas aman tersebut, yaitu:

BACA JUGA:63 Persen Pasien Gagal Ginjal Akut Meninggal, RSCM Rawat 49 Orang Hingga Oktober Ini

BACA JUGA:71 Kasus Gagal Ginjal Akut Ditemukan di Jakarta

1. Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: