Angin Puting Beliung Terjang Lampura, 9 Rumah Rata dengan Tanah, Puluhan Rusak Berat

Angin Puting Beliung Terjang Lampura, 9 Rumah Rata dengan Tanah, Puluhan Rusak Berat

Puluhan rumah rusak berat akibat terjangan angin puting beliung di Kabupaten Grobobag, Sabtu 7 Oktober 2023-Ilustrasi -

LAMPUNG, DISWAY.ID - Puluhan rumah di tiga desa berada di Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), porak-poranda akibat tiupan angin kencang disertai hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut, Kamis sore, 20 Oktober 2022.

9 rumah di antaranya rata dengan tanah disapu angin puting beliung

Hujan kencang disertai angin puting beliung itu, merusak puluhan rumah milik warga. Termasuk ladang dan perkebunan yang biasa ditanami warga di sana, untuk menambah penghasilan keluarga sehari-hari.

BACA JUGA:Tega 1.166 Guru P3K Tak Dibayar, Hotman Paris: Tolong KPK Turun ke Bandar Lampung

Ketiga desa itu adalah Desa Talang Jali, Madukoro Baru dan Sawo Jajar. 

Dari puluhan rumah warga yang terdampak angin puting beliung, terdapat sembilan rumah warga mengalami rusak berat nyaris rata dengan tanah.

"Kalau yang kita ajukan, itu ada sekitar 53 rumah karena mengalami kerusakan cukup berat. Bahkan ada satu rumah sampai tinggal puing - puingnya, dan pemilik sampai harus dilarikan kerumah sakit karena tertimpa reruntuhan atap  bangunan," kata Camat Kotabumi Utara, Andriyani Salim, melalui sambungan ponselnya, Kamis malam 20 Oktober 2022, sekitar pukul 20.00 WIB.

BACA JUGA:Bandar Lampung Mulai Berlakukan Pelat Putih, Diganti saat Bayar Pajak STNK

Hanya saja, kata dia, dari puluhan rumah yang rusak berat itu, terdapat 9 rumah warga yang rata dengan tanah.

"Ya, 9 rumah warga itu rusak berat rata dengan tanah. Bahkan 1 warga dilarikan ke rumah sakit, lantaran tertimpa material bangunan rumahnya," kata wanita berhijab itu.

Sementara, Kepala BPBD Lampura, Nozi Efialis menambahkan bahwasanya kejadian terjadi saat hujan deras disertai angin kencang, melanda tiga desa.

Pihaknya bersama tim Reaksi Cepat BPBD  datang langsung melakukan evakuasi korban, dan pendataan rumah warga. Setelah itu,  langsung membawa logistik guna membantu warga yang kediamannya terdampak.

"Setelah dilaporkan kepada pimpinan, lantas Wakil Bupati, bapak Ardian Saputra langsung mendatangi para korban. Termasuk ibu pemilik rumah mengalami patah tulang dan saat ini di rawat dirumah sakit," timpalnya.

Wakil Bupati Ardian yang berkunjung sekaligus memberikan bantuan secara simbolis dan berpesan kepada masyarakat untuk dapat saling membantu kepada sesama yang terkena musibah angin puting beliung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarlampung.disway.id