Bencana Longsor Kembali Menimpa Garut, Akses Jalan Ciawitali Lumpuh

Bencana Longsor Kembali Menimpa Garut, Akses Jalan Ciawitali Lumpuh

longsor-Ilustrasi -

GARUT, DISWAY.ID- Cuaca ekstrem yang membuat intensitas hujan tinggi mengakibatkan bencana longsor kembali terjadi di Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten GARUT, Jawa Barat, pada Sabtu 22 Oktober 2022 malam.

Peristiwa longsor kali ini terjadi di Jalan Ciawitali, Desa Banjarwangi, Kecamatan Banjarwangi, dan Jalan Patrol, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi.

“Ada dua titik lokasi longsoran di wilayah yang sama, yang pertama di Jalan Patrol dan yang kedua paling parah di Jalan Ciawitali,” kata Kapolsek Banjarwangi Iptu Amirudin Latif.

BACA JUGA:BMKG: Jakarta Waspada Banjir, Longsor di Bogor Makan Korban

Ia melanjutkan, untuk sementara ini akses kedua jalan itu tidak dapat dilewati kendaraan roda dua dan empat.

Warga dan anggota Polsek Banjarwangi pun sempat melakukan evakuasi material longsor dengan alat manual.

“Ada insiden akan terjadi longsor susulan dan retakan tebing kian meluas ketika kami bersama warga mengevakuasi material longsor dengan alat manual di Jalan Ciawitali. Kondisi tersebut membuat warga berikut penggendara yang terjebak berhamburan panik, alhamdulillah kita langsung siaga evakuasi warga agar tidak mendekat ke lokasi,” jelasnya dalam keterangannya yang dikutip Minggu 23 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Belasan Rumah di Kabupaten Bogor Rusak Tertimpa Longsor

Polisi bersama warga pun menjauh dari lokasi di kedua titik longsor tersebut. Mereka menunggu kiriman alat berat dari pemerintah daerah untuk melakukan evakuasi material longsoran.

Pada Jumat 21 Oktober 2022 malam sebelumnya, longsor di wilayah Kecamatan Banjarwangi menutupi bahu Jalan Patrol.

Penyebabnya tebing pada jalan yang berlokasi di Kampung Patrol, Desa Tanjungjaya, ambrol menimpa bahu jalan sepanjang 7 meter dengan ketinggian material longsor setinggi 3 meter.

“Longsor di Jalan Patrol Jumat itu terjadi sekira pukul 19.30 WIB malam. Penyebabnya sama, curah hujan yang mengguyur cukup tinggi,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: