Mengenal Hari Raya Saraswati, Simbol Dewi Cantik dan Peringatan Turunnya Ilmu Pengetahuan bagi Manusia

Mengenal Hari Raya Saraswati, Simbol Dewi Cantik dan Peringatan Turunnya Ilmu Pengetahuan bagi Manusia

Ilustrasi masyarakat Bali memperingati Hari Raya Saraswati-Pixabay/ DukeAsh-Pixabay/ DukeAsh

JAKARTA, DISWAY.ID - Tahukah kamu jika pada 22 Oktober 2022 diperingati sebagai Hari Raya Saraswati?

Ya, hari raya umat Hindu ini juga dikenal sebagai Hari Ilmu Pengetahuan, lho. 

Peringatan ini biasanya disertai dengan ucapan Rahajeng Rahina Saraswati, yang identik dengan Dewi Ilmu Pengetahuan atau Dewi Saraswati.

Saraswati merupakan sakti Dewa Brahma, dianalogikan sebagai dewi yang cantik, simbol kecantikan, serta ilmu pengetahuan.

Mengutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hari Raya Saraswati dirayakan setiap 6 bulan sekali atau setiap 210 hari sekali, setiap Sabtu umanis wuku Watugunung di kalender Hindu.

Pada hari tersebut, umat Hindu memuja Ida Sanghyang Widhi Wasa, yang juga dianggap sebagai perwujudan atau manifestasi Dewi Saraswati.

Umumnya peringatan ini digelar dengan cara umat hindu sembahyang bersama di lingkungan Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, atau di situs pendidikan lainnya.

BACA JUGA:Jelang Halloween, Begini Cara Pecinta K-Pop Merayakannya

BACA JUGA:3 Hari Rudolf Tobing Cari Cara Bunuh Orang Tanpa Suara, Sakit Hati jadi Alasan Kuat

Saraswati secara epistemologi berasal dari kata saras dan wati. 

Kata saras berasal dari urat kata sansekerta ”sr” memiliki arti mata air, terus menerus atau sesuatu yang terus menerus mengalir.

Sedangkan kata wati berarti memiliki. 

Makna lengkap dari Saraswati adalah sesuatu yang memiliki, atau mempunyai sifat mengalirkan secara terus menerus air kehidupan dan ilmu pengetahuan.

Pada esensinya, seluruh umat Hindu di Bali merayakan Hari Saraswati, dengan makna sebagai wujud bhakti dan terima kasih kepada Beliau, karena telah menurunkan ilmu pengetahuan untuk bisa lebih mudah menjalani kehidupan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: