Puting Beliung Sidoarjo Hantam 291 Rumah, Tanah Bergerak di Blitar Bikin Geger

Puting Beliung Sidoarjo Hantam 291 Rumah, Tanah Bergerak di Blitar Bikin Geger

Selain Sidoarjo, Wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, juga dilanda bencana hidrometeorolgi secara bertubi-tubi, setelah cuaca ekstrem yang ditandai hujan lebat yang disertai angin kencang menerjang pada hari Jumat 21 Oktober 2022 sejak pukul 15.00 WIB. -BPBD Kabupaten Kendal-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Puting beliung Sidoarjo menyebabkan 291 rumah rusak. Sementara korban luka empat orang. Demikian catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur.

Peristiwa Puting beliung Sidoarjo yang menggegerkan itu menerpa empat desa pada Minggu 23 Oktober 2022 petang.

Puting beliung Sidoarjo berlokasi di Desa Sidokepung, Desa Entalsewu Kecamatan Buduran, Desa Tanjungsari Kecamatan Taman dan Desa Jati, Kecamatan Sidoarjo.

Akibat hantaman puting beliung di Sidoarjo, terdapat korban luka-luka akibat bencana hidrometeorologi.

 

BACA JUGA:Angin Puting Beliung Terjang Lampura, 9 Rumah Rata dengan Tanah, Puluhan Rusak Berat

Korban luka Puting beliung Sidoarjo yakni M. Zainul tertimpa pohon Jalan Raya Aloha, Moch Alonso tertimpa genting di Desa Sidokepung.

Kemudian Sri Winarti dan Sri Winarsih warga Desa Sidokepung yang mengalami luka di kepala.

Tanah Bergerak Blitar 

Sebanyak 165 warga di lima Kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, terpaksa mengungsi ke dua titik lokasi yang lebih aman setelah tempat tinggal mereka mengalami kerusakan akibat adanya fenomena gerakan tanah. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan dua Lokasi yang menjadi tempat pengungsian warga berada di Kantor Desa Binangun dan Kantor Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.

"Hasil kaji cepat tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, fenomena pergerakan tanah itu berdampak pada 27 KK/223 jiwa dan 27 unit rumah warga," jelas Abdul Muhari dalam keterangan yang diterima Disway.id Senin, 24 Oktober 2022.

BACA JUGA:Puluhan Rumah di Depok Rusak Disapu Angin Puting Beliung

Sumber: