Dokter Spesialis Sebut Gejala Gagal Ginjal Tak Ditemukan Secara Khusus: Datang ke Kami Sudah Kondisi Berat

Dokter Spesialis Sebut Gejala Gagal Ginjal Tak Ditemukan Secara Khusus: Datang ke Kami Sudah Kondisi Berat

Gejala gagal ginjal tak ditemukan secara khusus, lantas apa penyebabnya?-Foto/Tangkapan Layar/RCSM-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal perlu disadari sejak dini. Banyak orang yang saat ini tidak menyadari memiliki penyakit ginjal sampai kondisinya sampai lanjut.

Menurut dr. M. Bonar sebagai dokter spesialis penyakit dalam mengatakan, gangguan ginjal itu tidak ditemukan gejala khusus.

Gagal ginjal itu tidak ditemukan gejala khusus, atau tidak ditemukan gejala sehingga pasien itu datang ke tempat kami dengan kondisi yang berat jadi bisa dikatakan sangat terlambat,” ujar dr. M. Bonar dilihat Disway.id di youtube RSCM pada selasa, 25 Oktober 2022 pagi.

BACA JUGA:Detik-detik Mesin Kapal Cantika Express 77 Terbakar di Tengah Laut, Dishub Nyatakan Laik Beroperasi

Dia mengatakan, gunanya pasien datang ke dokter secara regular untuk mengecek pasien ada gangguan ginjal atau tidak.

“Jadi memang itu gunanya pasien datang ke tempat kami itu seharusnya secara regular untuk mengetahui pasien tersebut ada gangguan atau tidak,” kata Bonar.

Dia menjelaskan, gejala awal yang terkait gagal ginjal yang paling sering dia temukan seperti gejala mual dan muntah.

“Memang kalo halnya yang khusus atau yang terkait dengan gagal ginjal yang paling sering ditemukan gejala mual dan muntah yang sering kali dianggap sebagai gangguan pencernaan,” katanya.

BACA JUGA:Mengenaskan, Kapal Cantika Express 77 Terbakar, Total 14 Orang Meninggal

Setelah melakukan pengecekan lebih spesifik melalui laboratorium ternyata terdapat gangguan ginjal yang sangat parah seperti, kelemahan badan dan sampai kesadaran menurun.

“Namun setelah kami lakukan pemeriksaan spesifik terhadap laboratorium ternyata ada gangguan ginjal, di samping itu dikatakan juga kelemahan badan, sakit kepala atau mungkin sampai kesadaran yang menurun sehingga pada saat itu pasien baru menyadari bahwa pasien mengalami gangguan ginjal yang cukup berat,” ujarnya.

M. Bonar mengatakan, pasien yang memiliki gejala gangguan ginjal harus melakukan pemeriksaan urine lengkap sehingga bisa mengidentifikasi adanya kelainan ginjal atau tidak.

“Kita menyarankan untuk melakukan pemeriksaan yang sangat sederhana yaitu melalui pemeriksaan urine lengkap, dengan melakukan pemeriksaan tersebut kita bisa mengidentifikasi adanya kelainan atau tidak, misalnya ditemukan ada darah di dalam urine, atau adanya protein atau adanya kekeruhan di luar kebiasaan sebelumnya, itu merupakan suatu tanda yang menyatakan pasien tersebut adanya gangguan dari fungsi ginjal,” ujarnya.

BACA JUGA:Inilah 13 Manfaat 'Morning Sex' yang Tak Pernah Anda Rasakan, Pasti Lebih Menyehatkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: