Terbaru, Daftar 168 Obat Sirop yang Aman Dikonsumsi, Cek Disini

Terbaru, Daftar 168 Obat Sirop yang Aman Dikonsumsi, Cek Disini

Daftar 168 Obat Sirop Cair yang Aman Dikonsumsi-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali merilis daftar terbaru obat sirop  yang telah dipastikan keamanannya setelah diuji.

Dengan begitu, Kemnkes mengizinkan apoteker ataupun tenaga kesehatan kembali menjual atau meresepkan obat bebas dalam bentuk sediaan cair atau sirop kepada masyarakat.

Namun, penggunaan obat sirop tersebut masih terbatas pada 168 merek obat yang telah dipastikan keamanannya untuk dikonsumsi.

Ketetapan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK/02.02/III/3515/2022 tentang Petunjuk Penggunaan Obat Sediaan Cair atau Sirup pada Anak dalam rangka Pencegahan Peningkatan Kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) yang diteken oleh Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Murti Utami pada Senin (24/10).

"Jenis obat yang boleh digunakan sesuai dengan rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril dikutip dari situs resmi Kemenkes, Selasa 25 Oktober 2022.

BACA JUGA:Air Kelapa Disebut Baik untuk Ginjal, Benar atau Salah? Cek Faktanya

Syahril memastikan, ratusan daftar obat tersebut dipastikan aman tidak menggunakan senyawa propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, hingga gliserin atau gliserol  empat senyawa yang bisa menghasilkan cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG). 

Selain itu, ada obat yang boleh digunakan dengan monitoring terapi oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan Indonesia.

"Dua belas merek obat yang mengandung zat aktif asam valproat, sildenafil, dan kloralhidrat dapat digunakan, tentunya pemanfaatannya harus melalui monitoring terapi oleh tenaga kesehatan," ujarnya.

Berikut Daftar 168 Obat Sirop yang Aman Merujuk Kemenkes:

- 133 obat yang dinyatakan aman usai pengujian

- 12 obat yang boleh digunakan tapi dengan monitoring terapi petugas kesehatan

- 23 obat dari 102 yang sempat dikonsumsi pasien gangguan ginjal akut, tapi sudah dinyatakan aman setelah pengujian 

Berikut daftar 133 obat sirop yang aman digunakan masyarakat sesuai hasil pengujian sampling BPOM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: