Dari Tawangmangu, Ganjar Sejarah yang Telah Tertancap

Dari Tawangmangu, Ganjar Sejarah yang Telah Tertancap

Peresmian Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) dilaksanakan di Tawangmangu, 28 Oktober 2022. Desa Tawangmangu merupakan awal sejarah hidup Ganjar Pranowo.-GP Mania-Disway.id

KARANG ANYAR, DISWAY.ID – Ruang, tempat dan waktu adalah satu kesatuan. Seseorang dilahirkan di suatu tempat, pada waktu tertentu.

Ganjar Pranowo, dilahirkan di Desa Tawangmangu (Kabupaten Karanganyar), 28 Oktober 1968. Oleh karena itulah, peresmian Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) dilaksanakan di Tawangmangu, 28 Oktober 2022. Sejarah telah tertancap.

“Desa Tawangmangu merupakan awal sejarah hidup Ganjar Pranowo. Tempat di mana ia sering memperbaiki pipa paralon yang bocor, supaya aliran air ke rumah jangan terganggu,” tulis Immanuel Ebenezer, Ketua Umum Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) dalam keterangannya yang diterima Disway.id, Sabtu, 29 Oktober 2022.

BACA JUGA:Frasa 'Untuk Bangsa dan Negara' yang Disampaikan Ganjar Bikin PDIP Goyang

Seperti ditulis novelis Gatotokoco Suroso, ungkap Immanuel, Ganjar yang sekolah di SD Tawangmangu 2, mempunyai banyak teman. Mereka sering jajan bersama-sama, sejak kecil sudah terbiasa saling membantu.

Desa Tawangmangu menjadi tempat ketika Ganjar bersahabat akrab dengan Dowig, Joko, kakak-beradik Kamso dan Ngadimin. Mereka mempunyai seorang guru yang sangat disiplin, Pak Suradi.

Ganjar sekolah dengan kaki ayam (tanpa sepatu), dengan seragam 'warisan' dari kakaknya. Desa Tawangmangu menjadi saksi bisu namun menyimpan sejarah.

“Kami meresmikan GP Mania di Tawangmangu, terinspirasi oleh sejarah tempat masa kecil Ganjar. Semua upaya ini tentu saja karena kami yakin bahwa proses sosial bangsa kita sendiri yang melahirkan pemimpin nasional mendatang yang bernama Ganjar Pranowo,” tegasnya.

BACA JUGA:Immanuel Ebenezer: Jangan Dipelintir Dong, Ganjar Sebut Untuk Bangsa dan Negara Bukan Siap Jadi Presiden

Immanuel yakin, sejarah selalu melahirkan pemimpinnya sendiri. Soekarno membangkitkan kesadaran kemerdekaan, dilanjutkan BJ Habibie, Abdurrachman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarno Putri, lalu sekarang ini Jokowi.

Tawangmangu akan menjadi saksi sejarah, pemimpin nasional berikutnya adalah Ganjar Pranowo.

"Begitu kami harapkan putra terbaik bangsa hadir. Ganjar Pranowo satu dari sekian banyak pilihan yang kami harapkan melanjutkan tongkat estafet Presiden Joko Widodo yang telah tertancap saat ini," tutur Noel-sapaan akrab Immanuel Ebenezer.


Megawati dan Ganjar Pranowo. -Ilustrasi: Syaiful Amri/Disway.id- 

Selain GP Mania yang dideklarasikan, di tempat lain Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Papua Barat resmi mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: