Menggembirakan, Target Tol Cileunyi Sumedang Dawuan Operasi Bulan Depan

Menggembirakan, Target Tol Cileunyi Sumedang Dawuan Operasi Bulan Depan

Jalan Tol Cisumdawu terbaru. Terlihat GT Ujung Jaya selesai dibangun. -Tangkapan layar-radarindramayu.id

SUMEDANG, DISWAY.ID-- Target Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu operasi pada bulan depan, Desember 2022.

Target tersebut setelah Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dilakukan uji laik fungsi pada awal bulan kemarin.

Pengoperasi pada bulan depan itu seiring untuk menunjang kelancaran lalu lintas masyarakat dalam masa Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

BACA JUGA:Prediksi Line Up Wolves Vs Brighton Nanti Malam, Berikut Ini Link Live Streaming Laganya

Sedangkan uji laik fungsi yang telaksanakan pada 1-2, November 2022, yaitu berada pada Seksi 2 dan 3 Tol Cisumdawu.

Dengan target operasi demikian, masyarakat pengguna jalan nantinya tidak lagi melintasi jalur Cadas Pangeran.

Selanjutnya, bila sampai Seksi 3 sudah dapat dioperasikan, perjalanan Bandung ke Cirebon atau sebaliknya dapat lebih singkat meski masih harus melintasi jalur arteri di Cimalaka dan Tomo.

Dalam keterangannya yang dilansir Radar Cirebon (Disway National Network), BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat, bahwa uji laik fungsi adalah tahapan yang harus dilalui sebelum jalan tol dapat dioperasikan, karena berkaitan faktor keselamatan dan kelengkapan lainnya.

BACA JUGA:Aaron Carter Meninggal Misterius, Ditemukan Tenggelam di Bathtup Kamar Mandi

"Tol Cisumdawu Seksi II dan III sepanjang 21,1 Km yang terdiri dari Seksi 2 (Pamulihan - Sumedang) sepanjang 17,05 Km dan Seksi 3 (Sumedang - Cimalaka) sepanjang 4,05 Km telah selesai dilaksankan Uji Laik Fungsi (ULF) pada hari Rabu (2/11/2022)." tulis akun resmi instagram PUPR Jalan DKI Jabar. 

Pasca uji laik fungsi dilaksanakan, nantinya Tol Cisumdawu akan masuk dalam tahap uji coba untuk operasinal dan besar kemungkinan belum dikenakan tarif sampai ada keputusan dari Menteri PUPR.

Meski baru sampai seksi 3, tetapi perjalanan Cirebon-Bandung dan sebaliknya, diprediksi bakal lebih cepat, karena tidak harus memutar via Tol Cipularang dan Purbaleunyi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat (@pupr_jalan_dkijabar)

Sebagai gambaran, perjalanan saat ini menggunakan Tol Cisumdawu dari Bandung ke Cirebon berkisar antara 3 sampai dengan 3,5 jam via Seksi 1 dan kemudian berlanjut ke jalur arteri Cimalaka-Sumedang dan masuk lagi ke GT Kertajati. 

Sebagai informasi, seksi 2 Tol Cisumdawu memiliki panjang 17,05 Km dari Gerbang Tol Pamulihan hingga Kota Sumedang, dan untuk Seksi 3 dari Gerbang Tol Kota Sumedang sampai Cimalaka sepnajang 4,05 Km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: