Kominfo Perkenalkan 4 Pilar Literasi Digital ke Pumuda Indonesia

Kominfo Perkenalkan 4 Pilar Literasi Digital ke Pumuda Indonesia

Kominfo gelar 4 pilar literasi digital untuk pemuda Indonesia-ilustrasi-disway.id

JAKARATA, DISWAY.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) melalui Pandu Digital berkolaborasi dengan Jawara Internet Sehat ICT Watch Indonesia melaksanakan Seminar Nasional Sektor Pendidikan untuk mengenalkan dan menguatkan nilai kompetensi digital pemuda Indonesia berdasarkan 4 pilar Literasi Digital

Kegiatan yang mengusung tema "Pemuda Indonesia Makin Cakap Digital" dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2022 secara daring melalui aplikasi

Zoom Meeting dan Youtube Pandu Digital Indonesia. 

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 yang lalu, didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia sebesar 3.49 dari 5.00. 

BACA JUGA:Catat, Waktu dan Cara Menikmati Gerhana Bulan Total Sore Ini, Gak Perlu Alat Canggih

Berdasarkan skor tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia berada dalam kategori “sedang”. 

Kegiatan seminar literasi digital di lingkungan pendidikan merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Kegiatan Seminar Nasional dibuka oleh Koordinator Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Bambang Tri Santoso, yang menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, pengalaman dan kecakapan digital para pemuda Indonesia. 

Kemenkominfo RI juga turut berupaya dalam menyatukan Indonesia dengan memperluas akses internet dan pemanfaatan teknologi informasi, agar masyarakat Indonesia mendapatkan hak yang sama.

Upaya-upaya tersebut dikemas melalui program-program literasi digital yang menjadi prioritas

utama Kemenkominfo RI dalam menciptakan masyarakat yang #MakinCakapDigital. 

Beliau melanjutkan, "Kami berharap teman-teman pemuda yang berada di sini, mempunyai semangat yang luar biasa untuk mendorong kemajuan Indonesia melalui kemampuan kecakapan digitalnya.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yang diisi oleh materi mengenai 4 pilar Literasi Digital, yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Budaya Digital dan Etika Digital. 

Materi pertama tentang Rekam Jejak di Ruang Digital disampaikan oleh Agus Indira, Pandu Digital Madya Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: