KNKT Sebut Penyebab Kecelakaan Sriwijaya Air Karena Sistem Otomatis Kemudi Tak Berfungsi
Suasana Konferensi Pers KNKT, Kamis 10 Novber 2022-Rafi Adhi Pratama-
Kondisi tersebut merupakan konfirmasi bias yaitu kondisi dimana seseorang mempercayai informasi yang mendukung opini atau asumsinya.
BACA JUGA:Viral! Pembangunan Trotoar Tutup Akses Masuk SDN 01 Pondok Cina, Dinas PUPR Akui Salah
Complacency atau kepuasan terhadap sistem otomatisasi dan konfirmasi bias kemungkinan telah menyebabkan dikuranginya monitor pada instrumen dan keadaan lain yang terjadi.
"Pada saat kemudi miring ke kanan, sementara itu pesawat berubah menjadi minng dan berbelok ke kiri, kemudian disusul peringatan kemiringan yang berlebih (bank angle warning). Selanjutnya A/P menjadi non aktif (disengaged) dan kemudi dimiringkan ke kiri. Kurangnya monitonng pada instrumen," katanya.
Dijelaskannya, kemudi yang miring ke kanan mungkin telah menimbulkan asumsi bahwa pesawat miring ke anan sehingga tindakan pemulihan tidak sesuai.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: