Jalan Tol Trans Sumatera Akan Bertambah, Akses Tembus ke Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Namu

Jalan Tol Trans Sumatera Akan Bertambah, Akses Tembus ke Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Namu

Pembangunan Jalan Tol Sumatera akan berlanjut 2023, tambah akses ke Danau Toba dan Pelabuhan Internasional Kuala Namu.-Hutama Karya-

JAKARTA, DISWAY.ID- Dua ruas jalan tol Trans Sumatera (JTTS) siap bertambah pada 2023 nanti. Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengatur jalan tol (BPJT) Kementrian PUPR Danang Parikesit.

Dua ruas tol Trans Sumatera yang dimaksud adalah Jalan Tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi - Parapat dan Jalan Tol Indra Pura- Kisaran.

Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat nantinya akan menjadi konektivitas pendukung menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. 

BACA JUGA:Jalan Tol Semarang - Demak Seksi II Segera Diresmikan, Jalur Alternatif Hindari Macet Pantura

BACA JUGA:Daftar Jalan Tol yang Terpasang ETLE

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit , jalan tol ini membuat jarak tempuh hanya 1,5 jam saja 

"Selain itu Jalan Tol ini juga akan terkoneksi dengan Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung dan Industrial Estate, sehingga akses pendistribusian logistik dari Medan ke kawasan industri sekitarnya hingga ke pelabuhan menjadi semakin lebih mudah".

Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat yang memiliki total panjang 143,25 Km terbagi menjadi 6 Seksi, diantaranya Seksi 1 Tebing Tinggi - Inderapura (20,40 Km).

BACA JUGA:Jalan Tol Soreang - Pasir Koja Mulai Diberlakukan Tarif Tol Baru

"Saat ini progresnya mencapai 94,79 persen dan pada Desember mendatang selesai konstruksi sehingga siap untuk dioperasikan," kata Danang yang dikutip dalam keterangannya, Sabtu 12 November 2022. 

Selanjutnya Seksi 2 Inderapura - Kuala Tanjung (18,05 Km) progres telah mencapai 75,32 persen, Seksi 3 Tebing Tinggi - Serbelawan (30 Km) progres mencapai 64,62 persen, dan Junction Tebing Tinggi (7,07 Km) dengan progres mencapai 63,79 persen yang ditargetkan selesai konstruksinya pada awal tahun 2023.

Kemudian Seksi 4 Serbelawan - Pematang Siantar (28 km) dengan progres mencapai 57,03% yang ditargetkan selesai konstruksinya pada pertengahan tahun 2023 mendatang. Ke-4 Seksi tersebut merupakan dukungan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita.

Sementara untuk Seksi 5 Pematang Siantar - Seribudolok (22,30 Km) dan Seksi 6 Seribudolok - Parapat (16,70 Km) yang saat ini masih dalam tahap persiapan. 

Untuk Seksi 1 - 4 merupakan dukungan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita dan Seksi 5 - 6 merupakan dukungan Pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: