Jokowi Sebut Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 di IKN: Olahraga Bisa Mempersatukan Dunia

Jokowi Sebut  Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 di IKN: Olahraga Bisa Mempersatukan Dunia

Presiden Jokowi Canangkan IKN Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2036-Sekretariat Presiden-Youtube Channel

JAKARTA, DISWAY.ID - Indonesia disebut telah siap untuk menjadi tuan rumah olimpiade musim panas 2036.

Bahkan, Presiden RI Joko Widodo mencanangkan ibu kota baru, Nusantara, sebagai lokasi yang dicalonkan sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas 2036.

"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi dalam pernyataan yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu, 16 November 2022.

BACA JUGA:5 Dokumen Kerjasama Tiongkok - Indonesia Diteken Saat Pertemuan Xi Jinping dan Jokowi di Bali

BACA JUGA:Keluhan Kaesang jadi Anak Presiden Terungkap, Makanan Favorit Jokowi Ikut Bocor: Lidahnya Desa

Pernyataan ini disampaikan di sela-sela menghadiri rangkaian kegiatan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Sebelum menyatakan kesiapan pencalonan tersebut, Presiden Jokowi juga sempat mengutarakan kesepakatan tentang peran penting olahraga di antara para pemimpin G20.

Jokowi mengingatkan bahwa di tengah situasi global yang diwarnai invasi militer Rusia ke Ukraina, peran olahraga menjadi lebih penting.

"Saya sebagai Ketua G20 2022 bersama pemimpin G20 lainnya, menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini," katanya.

BACA JUGA:Joe Biden Tersandung di Bali, Reaksi Sigap Jokowi Jadi Sorotan

BACA JUGA:Peringatan Jokowi Soal Tangkal Covid-19 di G20: Jadikan 'Never Again' jadi Mantra

Jokowi mengingatkan bahwa di tengah situasi global yang diwarnai invasi militer Rusia ke Ukraina, peran olahraga menjadi lebih penting. 

Presiden Jokowi menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini.

Menurut Jokowi sejumlah Olimpiade mendatang baik musim panas maupun musim dingin akan menghadapi tantangan kesuksesan penyelenggaraan dalam upaya menegaskan pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olah raga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: