Kenali 17 Gangguan Mental, Sangat Penting Untuk Kesehatan Remaja,

Kenali 17 Gangguan Mental, Sangat Penting Untuk Kesehatan Remaja,

Ilustrasi stress-Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sehat bukanlah suatu kondisi melainkan penyesuaian dan bukan juga suatu keadaan tetapi sehat adalah proses berupa adaptasi individu baik secara fisik maupun lingkungan sosialnya.

Seseorang yang memiliki kesehatan mental yang baik akan mampu untuk memaksimalkan potensi dirinya dan menghargai diri serta orang lain disekitarnya.

BACA JUGA:Mobil Pajero Sport Anggota Kowal TNI AL Tabrak Penjual Gorengan Hingga Tewas, Saksi: 'Mobil itu Memang Ngebut'

BACA JUGA:Kompolnas: Keterangan Tukang Jamu Bisa Jadi Kunci Pengungkapan Kasus 1 Keluarga Tewas Mengering di Kalideres

Kesehatan mental menurut World Health Organization (WHO) adalah meningkatkan kompetensi individu sehingga memungkinkan individu dapat mencapai tujuan yang ditentukannya sendiri.

Hal-hal yang termasuk dalam kesehatan mental adalah kesejahteraan secara subjektif, keyakinan pada diri sendiri, otonomi, kompetensi, ketergantungan antargenerasi dan pengakuan kemampuan untuk mewujudkan potensi intelektual dan emosional dalam diri seseorang.

BACA JUGA:Tukang Sampah Beberkan 1 Keluarga Tewas Mengering di Kalideres Nunggak Iuran 6 Bulan

BACA JUGA:Didatangi Keluarga Korban Kanjuruhan, Komnas HAM Dapat Keterangan Baru

Ada beberapa definisi kesehatan mental menurut psikolog yaitu Menurut Pieper dan Uden (2003) seseorang memiliki kesehatan mental apabila dia memiliki perasaan positif terhadap dirinya.

Serta memiliki estimasi yang realistis terhadap diri sendiri, dapat menerima kekurangan dan kelebihannya, memiliki kemampuan menghadapi masalah hidupnya, memiliki kepuasan dalam kehidupan sosialnya, dan juga memiliki kebahagiaan dalam hidupnnya.

BACA JUGA:Pemain Persib Erwin Ramdani Ungkap Kondisi Cederanya

BACA JUGA:Buka Baju Saat Manggung di Palu, Widi Vierratale: Bukan BH Kan Dalamannya

Sedangkan kesehatan mental menurut Merriam Webster adalah suatu keadaan emosional dan psikologis yang baik saat individu dapat memanfaatkan fungsi kognisi dan emosi, berfungsi dalam komunitas, dan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. 

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: