Awas! Tanda-tanda Awal Kanker Mulut Bisa Dideteksi dari Suara Anda

Awas! Tanda-tanda Awal Kanker Mulut Bisa Dideteksi dari Suara Anda

Tips Hindari Kanker Mulut---Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Kanker mulut terjadi ketika sel tumbuh dengan cara yang tidak terkendali di dalam rongga mulut atau kelenjar ludah.

Penyakit ini terkait erat dengan kebiasaan berisiko seperti minum alkohol dan merokok, yang dianggap mendorong peningkatan prevalensi penyakit ini.

Sayangnya, kanker mulut cenderung tidak menimbulkan tanda-tanda yang terlihat pada tahap awal, tapi pemeriksaan mungkin diperlukan jika salah satu komplikasi berikut terjadi.

BACA JUGA:Harga Minyak Goreng di Indomaret dan Alfamart 29 November 2022, Sovia Diskon Jadi Rp 16.600

Dilansir dari laman WebMD, penyakit kanker mulut dapat memakan waktu sekitar dua tahun untuk berkembang, kebanyakan menyerang orang setelah manusia mencapai usia 55 tahun.

Meskipun presentasi penyakit yang paling umum adalah sariawan yang tidak sembuh selama beberapa minggu, tidak semua manifestasinya mencolok.

Sundeep Patel, Dokter Gigi Kosmetik dan Pemimpin Klinis untuk SmileStraight berkata: “Gejala awal kanker mulut sering kali terasa seolah-olah ada sesuatu yang bersarang di tenggorokan Anda atau rasa tebal di tenggorokan.

"Ini mungkin tidak kentara, tetapi Anda melihat perubahan pada bagaimana tenggorokan Anda terasa dan saat Anda menelan."

BACA JUGA:Terkuak! Begini Modus Anak Kandung Bunuh Orangtua dan Kakak Sendiri di Magelang

Kesulitan menelan dapat dengan mudah diabaikan sebagai gejala flu, tetapi pada kanker mulut, kemungkinan akan meningkat seiring waktu.

Sebaliknya, sakit tenggorokan yang mencerminkan infeksi virus diperkirakan akan hilang dalam beberapa hari.

Kadang-kadang orang juga mengalami suara serak, yang menyebabkan keinginan untuk membersihkan tenggorokan lebih sering.

“Perubahan vokal termasuk suara serak, yang merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah; sering kali lebih sulit untuk berbicara dengan suara rendah, atau Anda kesulitan berbicara dengan keras,” jelas Dokter Patel.

BACA JUGA:Minum Air Hangat Jadi Rahasia Kulit Bercahaya dan Sehat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: