Jangan Pernah Merokok Setelah Bangun Tidur, Bahayanya Fatal Banget!

Jangan Pernah Merokok Setelah Bangun Tidur, Bahayanya Fatal Banget!

Harga Rokok Makin Mahal-Rianti S-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Semakin cepat seseorang merokok saat bangun di pagi hari, semakin besar kemungkinan mereka terkena kanker paru-paru atau mulut.

Menurut peneliti Penn State, merokok di pagi hari benar-benar memiliki efek samping yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Berapa batang rokok yang Anda hisap di pagi hari ternyata akan memberikan ancaman kesehatan yang sangat fatal. Jadi, mulai biasakan untuk tidak merokok saat baru bangun tidur.

BACA JUGA:Puntung Rokok Biang Tabrakan Beruntun Tol Pejagan Pemalang, Damkar: Pengendara Lain Buang Sembarangan

BACA JUGA:Sosok Azyumardi Azra di Menurut Keluarga: Pekerja Keras dan Disiplin, Merokok di dalam Rumah Saja Dilarang

"Kami menemukan bahwa perokok yang mengkonsumsi rokok segera setelah bangun tidur memiliki tingkat NNAL yang lebih tinggi," kata asisten profesor kesehatan biobehavioral, Steven Branstetter, dikutip dari laman psu.edu.

"Metabolit dari karsinogen NNK spesifik tembakau, dalam darah mereka daripada perokok yang menahan diri dari merokok setengah jam atau lebih setelah bangun, terlepas dari berapa banyak rokok yang mereka hisap per hari," sambungnya.

Menurut Branstetter, penelitian lain telah menunjukkan bahwa NNK (4-(methylnitrosamino)-1-[3-pyridyl]-1-butanone) menginduksi tumor paru-paru pada beberapa spesies hewan pengerat.

Kadar NNAL (4-(methylnitrosamnino)-1-(3-pyridyl)-1-butanol) dalam darah dapat memprediksi risiko kanker paru-paru pada hewan pengerat maupun manusia.

BACA JUGA:Jazz Goes to Kotatua Digelar Pertama Kali, Dimeriahkan Endah N Resha Sampai Mocca

BACA JUGA:Duh! Putri Candrawathi Depresi Jelang Sidang Pembunuhan Brigadir J, Hasil Pemeriksaan Psiakter Bocor

Selain itu, tingkat NNAL stabil pada perokok dari waktu ke waktu, dan pengukuran tunggal dapat secara akurat mencerminkan paparan individu.

Branstetter dan rekannya Joshua Muscat, profesor ilmu kesehatan masyarakat, memeriksa data 1.945 peserta dewasa yang merokok dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional yang telah memberikan sampel urin untuk analisis NNAL.

Para peserta ini juga telah memberikan informasi tentang perilaku merokok mereka, termasuk seberapa cepat mereka biasanya merokok setelah bangun tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: