Kecanggihan Aplikasi BeReal Bisa jadi Tren Baru, Bisa Geser Instagram dan TikTok Nih?

Kecanggihan Aplikasi BeReal Bisa jadi Tren Baru, Bisa Geser Instagram dan TikTok Nih?

BeReal--Foto: BeReal

Berbeda dengan Instagram dan TikTok, BeReal menggunakan istilah ‘friends’ atau ‘teman’ dibandingkan ‘followers’ atau ‘pengikut’.

BACA JUGA:Ini Daftar Hari Penting Desember Selain Natal dan Tahun Baru 2022, Ada Tanggal Merah Lainnya Nggak Ya?

Pengguna juga bisa memberikan reaksi berupa emoji atau komentar pada postingan teman-temannya.

Keunikan dari BeReal adalah pengguna diminta untuk membagikan apa yang sedang mereka kerjakan, di mana pun tempatnya tanpa diedit atau menggunakan filter.

Hal itu membuat aplikasi ini mencoba memaknai nama ‘BeReal’ dengan tujuan pengguna membagikan apa yang nyata ada di sekitar mereka.

BACA JUGA:Polisi Temukan Mantra Pada Sejumlah Kain di Rumah 1 Keluarga Tewas Mengering di Kalideres

Aplikasi ini dibuat oleh dua orang yang berasal dari Paris, Alexis Barreyat dan Kevin Perreau.

Tujuan mereka adalah melihat apa yang dilakukan oleh teman-teman dalam keseharian mereka sebagaimana dikutip dari website resmi BeReal.

Melansir dari Huffpost, sosial media ini merupakan salah satu yang tidak membuat pengguna menghabiskan waktu berlama-lama di depan layar.

Dengan waktu singkat, pengguna bisa melihat keadaan teman-temannya, saling mengirim reaksi kemudian melanjutkan aktivitas.

BACA JUGA:Jelang Pernikahan, Kaesang dan Erina Nyekar ke Makam Leluhur Mangkunegaran

Dr. Sue Varma, seorang psikiater asal New York menyetujui asumsi tersebut.

“BeReal punya potensi menjadi sosial media yang lebih baik daripada platform lainnya karena digunakan sesuai dengan tujuannya. Meski begitu, seperti yang lain, pengguna bisa merasakan FOMO (Fear of Missing Out atau takut tertinggal),” ujarnya.

“Aplikasi ini bisa menangkap apa yang sedang orang-orang lakukan yang merepresentasikan otentisitas secara maksimal,” tambah Varma.

“BeReal bisa jadi cara bagus untuk tetap terhubung dengan teman-teman apabila sulit bertemu. Tapi apabila membuat tidak menjadi diri sendiri atau dirundung, sebaiknya ambil rehat atau uninstall aplikasi itu,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: