Viral! Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Kepulauan Seribu, Begini Tanggapan BMKG

Viral! Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Kepulauan Seribu, Begini Tanggapan BMKG

Ribuan ikan dikabarkan terdampar dan naik kedaratan di Pulau Onrust di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu 29 November 2022.-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ribuan ikan dikabarkan terdampar dan naik kedaratan di Pulau Onrust di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu 29 November 2022.

Menanggapi Fenomena ini, Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Eko Prasetyo memastikan, Fenomena tersebut bukan merupakan tanda terjadinya gempa bumi, pihak BMKG juga meminta masyarakat sekitar pesisir untuk tidak panik akan hal itu.

BACA JUGA:Jangan Tertipu! Begini Cara Bedakan Ponsel Asli atau Palsu, Waspada Belanja Online!

BACA JUGA:Awas, Konsumsi Buah Apel Bisa Picu Perut Kembung? Begini Penjelasan Detailnya

"Sekali lagi masyarakat tidak perlu panik. ini bukan karena adanya gempa," ujar Eko dikonfirmasi, Rabu 29 November 2022.

Eko juga mengatakan, hingga saat ini para ahli masih melakukan penelitian terhadap fenomena alam tersebut disebabkan oleh perbedaan kadar oksigen dari laut yang lebih tengah ke pesisir atau garis pantai.

Pihak BMKG juga katakan hal tersebut juga bisa disebabkan oleh tingkat kesuburan air laut yang merupakan bagian dari rantai makanan tempat berkumpulnya ikan dan kemudian terdorong oleh arus laut.

BACA JUGA:Mauna Loa Bukan Hanya Gunung Berapi Biasa, Ternyata Juga Ada di Film SpongeBob

BACA JUGA:Terjadi Pergerakan Tanah, PLTMH Cirompang Garut Jebol, Kerugian Ditaksi Mencapai 2 Miliar

"Atau dari dorongan energi gelombang menuju kawasan pesisir kemudian gerombolan ikan ini bisa naik ke daratan," jelasnya.

Sebelumnya sebuah video beredar luas di jejaring pesan singkat WhatsApp yang menampilkan sekitar ribuan ikan laut berukuran sedang naik ke daratan salah satu pulau yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.

BACA JUGA:Bahaya Makan Sambil Tiduran Bagi Tubuh, Kematian Ikut Mengintip

BACA JUGA:5 Tips Ampuh Agar Semangat Bangun Pagi, Wajib Tahu Nih!

Berdasarkan video yang berdurasi 30 detik ini dikabarkan terjadi di Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: