Mayoritas Penderita HIV/AIDS di Tangsel Adalah Laki Laki

Mayoritas Penderita HIV/AIDS di Tangsel Adalah Laki Laki

HIV/AIDS--

TANGERANG, DISWAY.ID-- Pemerintah Kota Tangerang Selatan mendata ada sebanyak 308 kasus HIV/AIDS ditemukan di Tangerang Selatan.

Jumlah sebesar itu merupakan data kasus HIV/AIDS selama periode Januari hingga November 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan 266 orang di antaranya merupakan kasus HIV dan 42 lainnya kasus AIDS.

BACA JUGA:Kronologi Pacar Ibu Banting Bayi di Apartemen Kalibata City, Terungkap Kesal Gara-Gara BAB

BACA JUGA:Sambut Kompetisi Liga 1 Dimulai 5 Desember, Presiden Persija Jakarta Ingatkan Momen yang Ditunggu-tunggu

Dari keseluruhan data tersebut, penyakit itu terbanyak diderita oleh laki-laki.

"Kasus HIV/AIDS didominasi oleh laki-laki dengan persentase 81 persen (dari 308). Kasus HIV/AIDS terbanyak berada pada usia produktif yaitu 25-49 tahun," ujar Allin Hendalin Mahdaniar dikonfirmasi, Senin 5 Desember 2022.

Hendalin mengungkapkan, berdasarkan data kumulatif kasus HIV/AIDS di Kota Tangsel tahun 2015 hingga November 2022 terdapat sebanyak 1.685 orang penderita.

Jumlah kasus HIV sebanyak 1460 orang dan kasus AIDS sebanyak 225 orang dan sudah dilakukan pengobatan sesuai dengan SOP yang berlaku.

Hendalin menjelaskan dalam tanggapi penyakit berbahaya dan mematikan ini, masyarakat masih mendiskriminasi dan memandang miring pada Orang Dengan HIV-AIDS (ODHIV).

BACA JUGA:Semeru Naik Status Awas! Awan Panas Guguran Sudah Sampai Gladak Perak

BACA JUGA:Rumah Dinas Sambo Jadi Lokasi Penembakan, Ricky Rizal: Dalam Benak Saya Dari Awal Tidak Tahu

Lantaran stigma miring yang beredar itu, sebagian ODHIV pun kemudian berusaha untuk menyembunyikan sakit yang mereka derita agar tidak menjadi buah bibir masyarakat.

Hendalin juga menjelaskan penderitanya pun malu untuk memeriksakan kesehatannya dan berdampak pada peningkatan risiko kematian serta penularan HIV/AIDS di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: