Kenali Sinyal-Sinyal Tubuh Pertanda Stres yang Jarang Disadari

Kenali Sinyal-Sinyal Tubuh Pertanda Stres yang Jarang Disadari

Sinyal tubuh saat rasakan Stress-Ilustrasi -Pexels/KatSmith

Gatal-gatal saat stress muncul akibat indera yang menjadi lebih tajam saat stress. Sehingga indera peraba menjadi lebih peka terhadap rasa geli dan gatal pada kulit. 

Bahkan ada penyakit kulit yang pemicunya adalah stress yaitu Neurodermatitis, kondisi Neurodermatitis ini dapat dirasakan disemua bagian tubuh.

Biasanya ketika stressnya sudah mereda gatalnya pun akan hilang, namun ada orang yang akhirnya terbiasa menggaruk meski tidak lagi merasakan gatal.

  • Jerawat

Saat stress, hormon hormone meningkat dan memproduksi lebih banyak minyak yang membuat jerawat bermunculan.

Jerawat stress akan muncul dibagian paling bermunyak di wajah, umumnya di zona T wajah.

Jerawat stress dapat muncul kapan pun dan diusia berapa pun, jerawat stress dapat hilang dengan perawatan, makan makanan yang bergizi dan juga melakukan hal-hal yang mengurangi stress.

  • Rambut rontok

Rambut rontok adalah hal yang wajar, namun jika kerontokan terjadi pada banyak helai rambut bisa jadi itu sinyal dari tubuh bahwa seseorang itu dalam kondisi stress. 

Sebab stress dapat mengganggu siklus pergantian folikel rambut lama dengan yang baru. Kemudian sistem kekebalan tubuh akan menyerang folikel rambut dan membuatnya rontok, namun setelah stress mereda barulah rambut juga berhenti mengalami kerontokan.

Cara Mengatasi Stress

Berfikir Positif

Stress bisa membuat pikiran negatif terus terngiang, oleh karena itu orang yang mengalami stress harus mencoba mengubah cara pandangnya dan mencoba melihat sesuatu dari sisi positifnya.

Setelah mulai terbiasa berpikir positif, itu akan mempengaruhi mood dan emosi sehingga diri menjadi lebih stabil dan tingkat stress dapat dikurangi.

Berdoa

Memiliki hubungan spiritual dengan Sang Pencipta membawa dampak yang bagus, biasanya orang yang sering berdoa akan mendapatkan ketenangan dalam hatinya sehingga ia dapat berpikir jernih. Berdoa juga meningkatkan keyakinan bahwa sesulit apa pun pasti akan ada jalan keluar.

Meski dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun namun berdoa kepada Sang Pencipta memiliki waktu yang mustajab atau waktu terbaik untuk berdoa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: