Pekan Depan ETLE Resmi Diluncurkan, Hingga Kini Polisi Masih Tilang Manual

Pekan Depan ETLE Resmi Diluncurkan, Hingga Kini Polisi Masih Tilang Manual

JAKARTA, DISWAY.ID - Masyarakat diimbau untuk tidak konvoi dalam pergantian malam tahun baru 2024 mendatang. Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usma mengatakan pihaknya melarang masyarakat melakukan konvoi saat pergantian tah-Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya menyebut hingga kini masih melakukan tilang manual bagi masyrakat yang menggunakan nomor polisi (nopol) palsu.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Latif Usman mengatakan tilang manual juga dilakukan kepada pengguna knalpot diatas batas standar serta masyarakat yang melakukan balap liar.

"Bukan, itu untuk tilang manual diberlakukan untuk yang memalsukan nopol dan melepas nopol, serta balap liar dan knalpot brong gitu. Itu aja pelanggaran pelanggaran itu," katanya kepada awak media, Selasa 6 Desember 2022.

BACA JUGA:Tilang Manual Masih Berlaku, Ini Penjelasan Polda Metro Jaya

BACA JUGA:Ratusan Ribu Pelanggar Ditilang Manual Sepanjang 2022

Diungkapkannya, penilangan dilakukan dengan cara menghentikan para pelanggar dan memberikan surat tilang pada mereka.

"Seperti biasa, dihentikan kita tilang mereka kan memalsukan plat nomor. Iya itu kita yang melakukan perwira saat ini (Menilang, red)," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Peluncuran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara resmi akan dilakukan pada 13 Desember 2022 mendatang.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Latif Usman mengatakan rencananya program tersebut diluncurkan hari ini. Namun, masih menunggu kegiatan Kapolri dan Kapolda Metro Jaya.

"Launching nanti tanggal 13 (Desember, red). Belum, diundur karena masih menunggu kegiatan Pak Kapolda sama Pak Kapolri," katanya kepada awak media, Selasa 6 Desember 2022.

Dijelaskannya, segala sistem teknis ETLE sudah dipersiapkan pihaknya saat ini. Sehingga tinggal diresmikan.

BACA JUGA:Pekan Depan, Program ETLE Diluncurkan Resmi Polda Metro Jaya

"Sudah siap Insya Allah, sudah jalan trail mobil ini," ucapnya.

Diungkapkannya, penindakan uji coba ETLE akan dilakukan pada Rabu (7/12) mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: