Ini Urutan Adat Ngunduh Mantu Jokowi Dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Ini Urutan Adat Ngunduh Mantu Jokowi Dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Keluarga Besar Presiden Joko Widodo menggelar upacara adat ngunduh mantu dalam pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono di Loji Gandrung Solo, Minggu 11 Desember 2022.-Dok Disway.id-

Diketahui Prosesi ngunduh mantu dilakukan dengan upacara adat pasrah panampi boyong temanten pukul 07.30 WIB.

BACA JUGA:6 Cara Move On dari Perpisahan yang Menyakitkan

BACA JUGA:Psikolog Klinis : Paparan Internet tanpa Pengawasan Dapat Pengaruhi Mental Anak dan Remaja

Perwakilan keluarga Erina dalam acara Ngunduh tersebut menyerahkan kedua mempelai kepada perwakilan keluarga Kaesang dan dilanjutkan dengan acara adat gepyokan dan minum air zam-zam serta pengalungan ronce bunga melati kepada kedua mempelai.

Selanjutnya Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana memakaikan kain sindur kepada kedua mempelai, Kaesang - Erina, sambil berjalan menuju pelaminan.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini, Jaksel dan Jakut Potensi Hujan Petir

BACA JUGA:Atasi Kerutan di Wajah dengan Daftar Makanan Sehat Berikut Ini

Di panggung pelampinan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menjemput besan dan mempersilakan besan menuju tempat duduk diatas pelampinan.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi pangabekten atau sungkeman kedua mempelai pengantin kepada kedua orang tua dan dilanjutkan dengan agenda foto bersama yang kemudian dilanjutkan dengan acara adat tumplak punjen dan nyebar udik-udik atau menabur beras dan uang.

Dalam acara pernihakan Kaesang-Erina juga dilakukan prosesi begalan atau membagi-bagikan perlengkapan rumah tangga dengan dilanjutkan Kedua pengantin beserta keluarga dari kedua pihak kemudian bersiap untuk melakukan kirab pengantin.

Dalam kirab tersebut, pengantin dan keluarga akan diarak dengan menaiki 10 kereta kencana menuju Puro Mangkunegaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: