8 Tips Agar Berat Badan Tetap Ideal Selama Liburan Nataru 2023, Tolong Hindari Jenis-Jenis Makanan Ini!

8 Tips Agar Berat Badan Tetap Ideal Selama Liburan Nataru 2023, Tolong Hindari Jenis-Jenis Makanan Ini!

Hindari pola makan yang buruk saat liburan Nataru 2023-Pexels.com/Ketut Subiyanto-

Selama liburan, hal yang harus kamu perhatikan adalah porsi makanan yang kamu santap. Jangan sampai waktu liburan membuatmu mengonsumsi makanan berlebihan.

Beri batasan porsi makanan supaya terhindar dari kenaikan berat badan. Apabila kamu ingin menyantap kuliner khas suatu daerah, kamu bisa berbagi makanan dengan keluarga atau temanmu.

2. Makan saat kamu merasa lapar

Asyik liburan kerap membuat seseorang kesulitan untuk mencari tempat makan. Alhasil, selama liburan hanya selalu menahan lapar hingga menemukan makanan untuk disantap.

Namun, bukannya dikonsumsi secara wajar, kelaparan hanya akan membuatmu secara tak sadar menyantap semua makanan yang tersedia. Inilah salah satu penyebab berat badan naik selama liburan.

Sebaiknya, makanlah saat kamu memang benar-benar lapar. Konsumsi makanan dalam jumlah sedikit namun dengan frekuensi sering.

3. Hindari junk food

Junk food atau makanan cepat saji memang tergolong mudah untuk ditemukan di setiap daerah. Makanan cepat saji menjadi pilihan jika tidak menemukan restoran lain.

Meski begitu, junk food memiliki sejumlah kandungan yang memengaruhi kenaikan berat badan, seperti lemak trans, gula dan kalori.

Kamu bisa menyantap hidangan lokal khas daerah yang kamu singgahi. Selain khas, makanan lokal biasanya diolah dengan bahan-bahan alami, sehingga tidak memengaruhi berat badan.

4. Pilih berjalan kaki untuk membakar kalori

Selama liburan, alangkah baiknya jika kamu berjalan kaki untuk melihat-lihat lokasi wisata. Selain mudah melihat objek wisata dari dekat, berjalan kaki sangat ampuh membakar kalori yang tertimbun.

Berjalan kaki juga tidak akan melelahkan karena kamu sedang asyik menikmati suasana di tempat liburan.

5. Sempatkan waktu untuk berolahraga

Tak hanya menghilangkan penat, liburan juga bisa kamu gunakan untuk berolahraga supaya badan lebih sehat. Kamu bisa lakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, push up, berenang dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: