India Sudah Duluan Gencar Kampanye Konversi CNG, Indonesia Ketinggalan?

India Sudah Duluan Gencar Kampanye Konversi CNG, Indonesia Ketinggalan?

PGN akan membuat regulasi terkait desain untuk tangki bahan bakar CNG untuk sepeda motor-Foto/Dok/Rajagas-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Belakangan ini bahan bakar Compressed Natural Gas (CNG) digadang-gadang sebagai alternatif pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sedang disiapkan oleh Pertamina dengan harga yang jauh lebih murah.

Bahkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjelaskan jika kualitas dari CNG ini setara dengan Pertamax Turbo dengan Ron 98.

BACA JUGA:5 Tips Diet Efektif untuk Kurangi Berat Badan, Buruan Coba Yuk

BACA JUGA:CNG Pengganti BBM Pertalite Gagalkan Proyek Kendaraan Listrik? Harga Rp 3 Ribuan Setara Pertamax Turbo Dijamin Irit

Bukan hanya kualitas CNG yang setara dengan Pertamax Turbo saja, namun harga CNG yang sekitar Rp 3 ribuan per liter tentunya akan menjadi pilihan yang sangat ekonomis.

M Haryo Yunianto selaku Direktur Utama PGN (Perusahaan Gas Negara) menjelaskan jika Compressed Natural Gas (CNG) dengan full tang berkapasitas 2.5L mampu berkendara hingga 100km untuk sepeda motor.

Berbicara soal bahan bakar CNG tenyata bukan hal baru bagi dunia transportasi. Sebelumnya solusi bahan bakar CNG juga sudah digencarkan oleh negara India dengan memproduksi motor roda tiga yang berbahan CNG.

BACA JUGA: Berkas Ismail Diserahkan ke Kejagung, Keterlibatan Kabareskrim Masih Belum Ada Bukti Kuat

BACA JUGA:Cristiano Ronaldo Main Bareng Messi Lagi di Liga Prancis? Legenda Rival PSG Kasih Bocoran

Sejak tahun 2017 silam, India juga mulai gencar mengkampanyekan konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraaan CNG.

Salah satunya oleh perusahaan gas India yakni Mahanagar Gas Ltd telah berhasil membangun sebuah konverter CNG yang akan dikonversi secara otomatis menjadi Eco Fuel.


kampanye Konversi CNG di India-Indianaautoblog-

Seperti dilansir dari Indianaautoblog, konverter CNG ini diperuntukan bagi motor skutik yang bekerjasama dengan beberapa merek.

Konverter ini akan diaplikasikan pada 18 model skuter matik (skutik) dari berbagai produsen mobil yang telah beroperasi di India. Di antaranya TVS Jupiter, Vespa 125, Yamaha Alpha, Mahindra Gusto, Honda Active, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: