'Sunrise Area'! Harga Rumah Seken di Wilayah Depok dan Bogor Tertinggi di Jabodetabek

'Sunrise Area'! Harga Rumah Seken di Wilayah Depok dan Bogor Tertinggi di Jabodetabek

Perumahan/ilustasi-Istimewa-Disway

JAKARTA, DISWAY.ID - Country Manager 99 Group Indonesia Maria Herawati Manik mengatakan, harga rumah seken di kawasan Jabodetabek, khususnya Tangerang dan Depok mencatat pertumbuhan tertinggi. 

Secara bulanan kenaikan harga rumah seken mencapai sebesar 0,5 persen.

Namun, jika dilihat secara tahunan, Depok dan Bogor masih menunjukkan kenaikan harga tertinggi, yakni sebesar 6,4 persen dan 5,8 persen.

"Hal ini menunjukkan potensi kedua lokasi tersebut sebagai “sunrise area” bagi properti," kata Maria dalam keterangannya, Sabtu 24 Desember 2022.

BACA JUGA:Catat! Target Pembiayaan Rumah Subsidi pada 2023 Sasar Tiga Kelompok, Apa Saja?

Menurut Maria, fenomena ini jadi dampak adanya dukungan infrastruktur yang memadai serta faktor pendukung lainnya seperti kedekatan lokasi terhadap DKI Jakarta dan ketersediaan lahan yang masih banyak.

"Namun berbeda dengan Depok, secara month-on-month, pertumbuhan harga di area Bogor masih menunjukkan fluktuasi, meski memiliki tren yang naik secara umum," ujarnya.

BACA JUGA:Keran Impor Dibuka Lagi! 300 Ribu Ton Beras Thailand dan Vietnam Bakal Banjiri Pasar Indonesia

Data Rumah123.com Flash Report Desember 2022 juga mencatat tren yang terjadi di area pulau Jawa di luar Jabodetabek, hanya Yogyakarta dan Surakarta mencatatkan penurunan harga sebesar 0,2 persen dan 1,5 persen secara berurutan.

Setelah Yogyakarta mencatatkan kenaikan yang cukup tinggi pada bulan sebelumnya (5,1 persen), mengindikasikan kondisi pasar yang masih cukup fluktuatif pada area tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: