Banten Siaga! Wisatawan Diminta Waspada Cuaca Ekstrem hingga Akhir Tahun

Banten Siaga! Wisatawan Diminta Waspada Cuaca Ekstrem hingga Akhir Tahun

Ilustrasi gelombang tinggi-pixabay@ELG21-

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau bagi masyarakat yang ingin merayakan liburan Natal dan Tahun Baru 2023 di wilayah Banten untuk waspada.

Pasalnya, di wilayah Provinsi Banten diprediksi akan dibayangi dengan terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan lebat sampai dengan sangat lebat yang disertai angin kencang serta sambaran petir.   

"Data yang masuk dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) ke kami akan ada cuaca ekstrem di wilayah Banten utamanya berupa hujan lebat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Nana Suryana dalam keterangannya, Selasa 27 Desember 2022.   

BACA JUGA:Jabodetabek Bersiap! Akan Ada Potensi Badai Ekstrem 28 Desember 2022

Terkait data dari BMKG tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi kebencanaan dan pengamanan di Banten, seperti dengan TNI/Polri hingga unsur relawan kebencanaan.   

Peta rawan bencana dimaksud menyebutkan potensi bencana banjir dan longsor berada di wilayah Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, dan sebagian Kota Serang.   

"Secara umum sebetulnya semua kabupaten/kota di Banten rawan bencananya, baik karena hujan maupun banjir kiriman," ujarnya.

Adapun untuk potensi bencana tsunami dan gempa, kata Nana, berada di wilayah yang berada di garis pantai selatan seperti Kabupaten Lebak dan Pandeglang.   

BACA JUGA:Berkas Kasatgas KPK Raib Dicuri Maling, Ali Fikri Singgung Soal Motif!

Sementara itu, terkait kesiapsiagaan musim libur kali ini, pihaknya telah menyiagakan sejumlah personel di posko-posko pemantauan BPBD Banten seperti yang terdapat di sejumlah titik di wilayah Tangerang, Lebak, Pandeglang, dan Serang. 

"Kalau bicara personel, ya, bisa seribuan lebih. Gabungan dengan TNI/Polri dan relawan," ucapnya. 

"Selain itu, masih ada Basarnas Provinsi Banten yang akan menyiagakan 1 unit helikopter," sambungnya. 

Di sisilain, kata Nana, yang akan menjadi fokus BPBD Banten bersama BPBD Kabupaten Kota pada saat libur kali ini adalah upaya pencegahan penyebarluasan kembali virus covid-19.   

"Jadi kami akan lebih ke kampanye protokol kesehatan lagi sambil membagikan masker, karena kan kecenderungannya kalau tidak dijaga bisa naik lagi covid-nya," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: