Waspada Cuaca Ekstrem, Jangan Keluar Rumah Dulu!

Waspada Cuaca Ekstrem, Jangan Keluar Rumah Dulu!

Dwikorita Imbau Masyarakat untuk Diam di Rumah-@dwikoritakarnawati-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk diam di rumah sementara waktu apabila tak ada urusan mendesak karena adanya potensi cuaca ekstrem di sebagian wilayah Indonesia.

Diprediksi sebagian wilayah di Indonesia akan diterpa cuaca ekstrem pada 28-30 Desember 2022.

Dengan adanya cuaca ekstrem itu, Dwikorita memprediksi bahwa akan adanya peluang timbulnya dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

BACA JUGA:Cegah Banjir Besar, Pemprov DKI dan BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca

Dari hasil prakiraan berbasis dampak Impact-Based Forecast (IBF), ada beberapa daerah yang ditetapkan berstatus SIAGA di tanggal yang sudah di sebutkan di atas.

Berikut daftar daerah yang berpotensi terkena dampak status SIAGA: Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT.

"Wilayah tersebut diprakirakan dapat mengalami hujan lebat yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi," kata Dwikorita Karnawati dikutip dari keterangan resminya pada Rabu, 28 Desember 2022.

Salah satu dampak cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi yakni aliran sungai meningkat drastis, dengan begitu bisa memicu potensi banjir biasa hingga banjir bandang.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem Mengancam Jakarta dan Banten, PLN Kerahkan 4.910 Personil Amankan Sistem Kelistrikan

Selain itu bencana alam lain yang bisa ditimbulkan dari cuaca ekstrem tersebut yaitu tanah longsor, guguran bebatuan, atau erosi tanah.

Apalagi potensi bencana seperti itu sangat rawan terjadi di daerah-daerah dataran tinggi dan lereng-lereng perbukitan dan gunung.

Pemerintah daerah setempat dan masyarakat diimbau BMKG untuk meningkatkan kewaspadaan mereka.

Terlebih bagi warga yang pemukimannya ada di sepanjang daerah aliran sungai plus wilayah perbukitan untuk selalu waspada ketika hujan lebat turun.

BACA JUGA:Gak Kompak! BMKG Bantah Bakal Terjadi Cuaca Ekstrem pada 28 Desember 2022 di Jabodetabek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: