Hati-hati, Amoeba Pemakan Otak Mulai Memakan Korban Jiwa!

Hati-hati, Amoeba Pemakan Otak Mulai Memakan Korban Jiwa!

Awas Amoeba Pemakan Otak Manusia Mulai Beredar---WCVB

JAKARTA, DISWAY.ID - Dunia kembali dihebohkan oleh permasalahan kesehatan baru. Amoeba pemakan otak memicu korban jiwa untuk pertama kalinya di Korea Selatan pada Senin, 27 Desember 2022. Bukan hanya di Korea Selatan saja, sejumlah negara di dunia juga menemukan kasus infeksi Naegleria Fowleri atau Amoeba pemakan otak.

Dikutip dari Strait Times, korban tewas adalah seorang pria berusia sekitar 50 tahun setelah ia kembali dari Thailand pada 10 Desember lalu. Di Thailand, pria malang tersebut menetap selama empat bulan.

Badan Pencegahan dan Kontrol Penyakit Korea (KDCA) mengkonfirmasi bahwa seorang warga negara Korea yang meninggal setelah kembali dari Thailand terinfeksi Naegleria fowleri. Amoeba ini dikenal dapat merusak otak manusia.

BACA JUGA:4 Bahaya Menahan Buang Air kecil, Awas Efeknya Fatal

"Pria berusia 50-an itu kembali ke Korea pada 10 Desember setelah tinggal selama empat bulan di negara Asia Tenggara itu dan dirawat di rumah sakit keesokan harinya. Ia meninggal pada Selasa pekan lalu," lapor KDCA dikutip Yonhap.

Pria tersebut sempat dibawa ke rumah sakit sehari setelah kembali. Namun nyawanya tak tertolong dan meninggal pada Rabu (21/12) pekan lalu. Badan Pencegahan dan Kontrol Penyakit Korea (KDCA) melaporkan telah mengambil tes genetik dan menyimpulkan Naegleria folweri sebagai penyebab kematian pria tersebut. 

Tes tersebut mengonfirmasi bahwa gen dalam pria tersebut 99,6 persen mirip dengan yang ditemukan pada pasien meningitis di luar negeri. 

KDCA mengatakan kemungkinan penularan Naegleria fowleri dari manusia ke manusia rendah tetapi meminta penduduk setempat untuk menahan diri berenang di daerah tempat penyakit itu menyebar.

BACA JUGA:Waspada, 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Membahayakan Kesehatan Jantung

Sebenarnya, infeksi ini bukanlah hal yang baru. Sebanyak 381 kasus Naegleria Fowleri telah dilaporkan pada tahun 2018 lalu.

Dilansir dari Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), amoeba pemakan otak termasuk jenis Naegleria atau organisme bersel tunggal yang hidup di alam bebasdan cuma bisa dilihat dengan bantuan mikroskop.

Selain di Korea Selatan, Amerika Serikat juga menemukan kasus yang serupa. AS menemukan kasus mematikan ini pada Oktober lalu. Dalam insiden itu, seorang bocah laki-laki meninggal dunia. Laporan CNN International menyebut anak itu mungkin telah terpapar di Danau Mead, Nevada Selatan.

Para pejabat tidak merilis nama atau usia pasti dari orang yang meninggal tersebut, namun mengatakan bahwa dia berusia di bawah 18 tahun.

BACA JUGA:Catat! Bahaya Mengorek Kuping dengan Cotton Bud, Infeksi Telinga hingga menyebabkan Vertigo!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: