4 Bandara AP II Terima Sertifikat dari BNPT, Miliki Standar Pengamanan Cegah Terorisme

4 Bandara AP II Terima Sertifikat dari BNPT, Miliki Standar Pengamanan Cegah Terorisme

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar saat memberikan sertifikat.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Empat Bandar Udara di bawah naungan PT Angkasa Pura II memiliki standar pengamanan pencegahan terorisme.

Alhasil, 4 bandara AP II ini diberikan sertifikat Standar Minimum Pengamanan Tahun 2022 oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Ke-4 bandara tersebut, Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), dan Bandara HAS Hanandjoeddin (Belitung).

BACA JUGA:Kembang Api Meledak di Tangan Wakil Bupati Kaur, 4 Jarinya Hancur, Begini Kronologi Hingga Dilarikan ke RS

BACA JUGA:Aturan Baru BBM Resmi Berlaku, Bensin Jenis Ini Lenyap di SPBU 1 Januari 2023, Cek Harga Lengkap Pertalite, Vivo, BP dan Shell

Dengan pemberian sertifikat itu, BNPT menekankan agar pengelola objek vital strategis dan fasilitas publik dapat terus meningkatkan kualitas pengamanan dari ancaman tindak pidana terorisme.

“Kita harus memiliki semangat kolektif dan kolaborasi dalam melawan terorisme untuk meningkatkan daya cegah dan daya tangkal dalam upaya preventif mencegah terjadinya tindak pidana terorisme,” ujar Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 31 Desember 2022.

Sementara itu, President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, sertifikat yang diberikan BNPT menunjukkan bahwa AP II berkomitmen dalam aspek keamanan guna mencegah tindakan terorisme di bandara yang dikelolanya.

Bandara, sebutnya, merupakan objek vital dan pintu masuk utama negara, sehingga sangat penting bagi AP II untuk memiliki suatu standar pengamanan guna mencegah dan memastikan bandara selalu aman dari segala bentuk terorisme.

"Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, bersama 3 bandara lainnya, telah mendapat sertifikat Standar Minimum Pengamanan dari BNPT,” kata Awaluddin.

BACA JUGA:Tarif Tol Tangerang-Merak Naik per 3 Januari 2023

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Cek Banjir Semarang dengan Gowes Sepeda: Kita Cek Surut Ya

Menurut Awaluddin, keamanan bandara selalu menjadi fokus AP II, khususnya dalam pencegahan dan penanganan terorisme atau radikalisme.

AP II bersama BNPT, TNI dan Polri, serta stakeholder lainnya secara berkelanjutan akan meningkagkan aspek keamanan di bandara-bandara untuk dapat selalu mencegah bentuk terorisme dan radikalisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: