Simak, 5 Jalur Resmi Masuk UIN Jakarta 2023

Simak, 5 Jalur Resmi Masuk UIN Jakarta 2023

Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ciputat.-UIN Jakarta-

JAKARTA, DISWAY.ID - UIN Jakarta pada tahun 2023 telah menyiapkan lima jalur seleksi untuk penerimaan mahasiswa baru.

Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta, Feni Arifiani mengatakan, masing-masing jalur seleksi tentu ada tata cara dan persyaratan pendaftarannya.

“Jalur-jalur ini juga menyesuaikan program studi yang dituju para calon mahasiswa. Jadi, silakan dipelajari betul dari sekarang dan dipantau perkembangan informasinya dari sekarang,” kata Feni dalam keterangannya, Kamis 5 Januari 2022.

Berikut 5 jalur resmi masuk UIN Jakarta:

1. SNBP

Bagi anda ingin masuk UIN Jakarta dapat mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). 

Dalam sistem SNBP ini, calon mahasiswa diseleksi berdasarkan prestasi. 

SNBP  didesain mengapresiasi kesuksesan pembelajaran menyeluruh calon mahasiswa di jenjang pendidikan menengah.

Penilainya dengan pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran. Sedangkan, 50 persen lainnya diambil dari penggalian minat dan bakat.

Adapun pendaftaran SNBP dimulai pada 14-28 Februari 2023.

Sebelumnya, siswa dan sekolah asal harus lebih dulu membuat akun SNPMB Siswa dan Sekolah, menetapkan siswa yang didaftarkan, dan mengisi Pangkalan Data dan Siswa Sekolah (PDSS).

2. UTBK-SNBT

SNBT merupakan jalur seleksi berbasis tes dengan mengukur kemampuan penalaran dan pemecahan masalah calon mahasiswa berupa tes skolastik. 

Tes mengukur empat aspek kemampuan, yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia, dan literasi bahasa Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: