Dampak Buruk Mengonsumsi Ice Smoke atau Ciki Ngebul Bagi Anak

Dampak Buruk Mengonsumsi Ice Smoke atau Ciki Ngebul Bagi Anak

Ciki Ngebul/ilustrasi-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Kesehatan mengimbau kepada orang tua untuk memperhatikan anaknya saat mengonsumsi ice smoke atau ciki ngebul

Hal itu dikarenakan mengonsumsi ice smoke dapat memiliki efek serius seperti keracunan makanan berasap dengan nitrogen cair, chiki ngebul apabila dikonsumsi secara berlebihan. 

BACA JUGA:Lumayan Mahal! Tarif Jalan Berbayar di DKI Jakarta Nyaris Rp 20.000 Sekali Melintas

Salah satu efeknya adalah menyebabkan luka bakar. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan terhadap Pengunaan Nitrogen Cair pada Produk Pangan Siap Saji.

"Menyebabkan radang dingin dan luka bakar terutama pada beberapa jaringan lunak, seperti kulit," tulis salinan SE sebagaimana dikutip, Rabu, 11 Januari 2023.

Tak hanya itu, menghirup terlalu banyak uap yang dihasilkan oleh makanan atau minuman yang diproses menggunakan nitrogen cair dapat memicu kesulitan bernapas yang cukup parah. Bahkan, bisa merusak organ tubuh dalam kasus yang terparah.

BACA JUGA:Hakim ke Ferdy Sambo: Jika Satu Lawan Satu Berani Tidak Lawan Yosua, Begini Jawaban Sambo?

"Mengonsumsi nitrogen yang sudah dicairkan dapat menyebabkan tenggorokan terasa seperti terbakar, karena suhu yang teramat dingin dan langsung bersentuhan dengan organ tubuh. Bahkan, tidak sedikit kasus terparah dapat memicu kerusakan internal organ tubuh," ujar Kemenkes dalam salinan SE tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: