17 Tahun Lalu, Ellen Johnson Sirleaf Perempuan Afrika Pertama yang Menjadi Presiden

17 Tahun Lalu, Ellen Johnson Sirleaf Perempuan Afrika Pertama yang Menjadi Presiden

Ellen Johnson Sirleaf Perempuan Afrika Pertama yang Menjadi Presiden---Wikipedia

Selain itu tugas lainnya adalah dengan merangkul kembali para tentara dan pemberontak yang selama ini bertikai untuk kembali hidup rukun dalam sebuah lingkungan negara, termasuk mengajak anak-anak yang sebelumnya diperdayakan sebagai tentara, untuk kembali menjalani hidup yang layak, seperti anak-anak yang lain.

Pada tahun-tahun pertama pemerintahannya, Mama Ellen berhasil mengembalikan stabilitas negara dan mendapatkan pendapatan negara dari pajak senilai US$ 4 miliar. Ia juga berhasil meyakinkan investor untuk menanam modal di Liberia yang kaya bahan mentah.

Perjalanan hidup Ellen Johnson Sirleaf

Ellen Johnson Sirleaf lahir pada 29 Oktober 1938. Ia adalah Presiden Liberia ke-24 yang menjabat dari 2006 hingga 2018. 

BACA JUGA:Kabar Gembira! Rp 4 Triliun BOS Madrasah Swasta Tahun 2023 Segera Cair, Cek Lagi Prosedur Pencairannya

Ellen Johnson Sirleaf tak ragu untuk berpisah dari suami lantaran mengalami kekerasan domestik. Ia punya empat anak dari pria yang dinikahi saat dirinya berusia 17 tahun. Ketika keempat anak itu lahir, Ellen masih berumur 20-an. Ia menitipkan anak-anak kepada sejumlah anggota keluarga besar demi keputusannya yang telah bulat: melanjutkan studi ke Amerika Serikat.

Ia meninggalkan Julejuah, sebuah desa di Bomi County, sebelah barat laut Liberia. Di desa itu keluarga Ellen menetap. Mereka tinggal dalam rumah di dekat danau tempat ia belajar berenang untuk pertama kali. Di sana pula tinggal sang nenek yang sempat bekerja sebagai market women, sebutan bagi wanita yang berdagang di pasar.

Suatu ketika saat Ellen mencalonkan diri menjadi presiden untuk pertama kalinya pada 2005, para market woman di Liberia membagikan selebaran dan kaus di jalan dan desa-desa. “Vote for Woman,” demikian kalimat yang terucap dari mulut mereka.

Dalam sebuah wawancara dengan New York Times, Ellen pernah berkata, “Wanita lebih kuat dalam memegang komitmen. Mereka bekerja lebih keras. Mereka jujur, dan pengalaman mereka telah membuktikan hal tersebut. Dalam konteks budaya Afrika, pria punya banyak tanggung jawab di luar keluarga dan urusan rumah sehingga ekspektasi yang disematkan pada mereka [para wanita] lebih keras dan intens.”

BACA JUGA:Viral! Calon Karyawan Alfamart Menangis Karena Mau Dipecat Gegara Tak Beri Salam, Begini Klarifikasi Alfamart

Perjalanan Karir Ellen Johnson Sirleaf

Sebelum menjadi presiden, ia pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan Liberia. Perjalanan Ellen di bidang ekonomi dan pemerintahan dimulai dengan bekerja sebagai Asisten Menteri Keuangan Liberia.

Ia menjabat sebagai Menteri Keuangan di bawah Presiden William Tolbert dari tahun 1979 sampai kudeta tahun 1980. 

Kemudian, ia meninggalkan Liberia dan memegang posisi senior di berbagai lembaga keuangan.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Rp 4 Triliun BOS Madrasah Swasta Tahun 2023 Segera Cair, Cek Lagi Prosedur Pencairannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: