Kenali 5 Jenis Bansos yang Bakal Cair dari Pemerintah, Besarannya Bisa Tembus Rp 3 Juta

Kenali 5 Jenis Bansos yang Bakal Cair dari Pemerintah, Besarannya Bisa Tembus Rp 3 Juta

cek cara pencairan bansos PKH tahap 3 sebesar Rp 1,5 juta bulan Juli 2023.---Pexels

Untuk jenjang SD/ Sederajat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp450.000 per semester. 

Untuk jenjang SMP/ Sederajat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp750.000 per semester. 

Jenjang SMA/SMK/ Sederajat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp1.000.000 per semester yang akan diberikan satu kali sepanjang tahun anggaran. 

BACA JUGA:Demi Sembuh, Indra Bekti Syok Dilarang Kerja 4 Bulan Demi Kesehatan: Hah Serius?

PIP dibedakan menjadi dua, KIP Sekolah, dan Kuliah. 

Dan Juga terbagi kedalam 2 jenis, KIP yang diberikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia bagi sekolah dibawah naungan Kemenag. 

Lalu PIP yang diberikan kepada Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, untuk sekolah umum yang berada dibawah naungan Kemnedikbudristek. Termasuk Sekolah Menengah Kejuruan.

KIS

Penerima KIS – PBI  adalah peserta yang tergolong fakir miskin dan orang tidak mampu yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan. 

Syarat BPJS Kesehatan KIS-PBI adalah Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki NIK yang terdaftar di Dukcapil, terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. 

Kepesertaan PBI JK berlaku terhitung sejak didaftarkan oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan Penetapan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang Sosial. 

Nantinya mereka yang mendapatkan kartu KIS ini bisa berobat secara gratis, pada layanan kesehatan kelas 3, dengan iuran Rp 42.000 per bulan yang langsung otomatis dibayarkan pemerintah.

RST 

Bantuan ini diberikan sebagai upaya pemenuhan hak fakir miskin dalam memperoleh bantuan perumahan yang layak, sehat dan/atau tempat melakukan usaha. 

Bansos RST merupakan kelanjutan dari program sebelumnya berupa Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS Rutilahu) yang berada dibawah Direktorat Jamin Sosial (Linjamsos). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: