Ditlantas Polda Metro Harap Dana Hibah ETLE Cair Tepat Waktu

Ditlantas Polda Metro Harap Dana Hibah ETLE Cair Tepat Waktu

Ditlantas Polda Metro Jaya Rapat Bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-Dinas Perhubungan bakal memberikan dana hibah sebesar Rp75,4 Miliar kepada Polda Metro Jaya untuk menambah kamera ETLE tahap tiga di 70 ruas jalan ibukota. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Latif Usman berharap hibah uang itu cair tepat waktu. 

Hal ini karena mempertimbangkan pelaksanaan lelang selama dua bulan dan pelaksanaan pekerjaan ETLE tahap tiga selama lima bulan.

BACA JUGA:Korlantas Uji Coba ETLE Portable

BACA JUGA:Satpol PP DKI Jakarta Hibah Mobil Mewah ke Kodam Jaya, Anggota DPRD: Apa Urusannya?

"Timelinenya, sekarang Januari 2023 sudah (rapat) dengan Komisi B pada hari ini. Nanti pada bulan Maret, ada penerbitan Kepgub tentang hibah e-TLE. Diharapkan tidak terlalu lama biar kita bisa langsung bekerja," kata Latif di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa 24 Januari 2023.

Eks Dirlantas Polda Jatim ini mengatakan berdasarkan rencana waktu (timeline) Ditlantas Polda Metro Jaya, penerbitan Keputusan Gubernur DKI tentang Hibah ETLE diterbitkan pada Maret 2023.

"Sehingga diharapkan timeline ini betul-betul bisa sesuai, sehingga kami bisa mengerjakan sesuai dengan waktu pelaksanaannya. Karena proses lelang bisa 2 bulan sendiri (Mei-Juni). Nanti di bulan Juli-November itu pelaksanaan pengerjaan Etle," ujarnya.

"Mohon kepada jajaran Dishub, Pemprov DKI, agar dana hibah turun tepat waktu dengan mempertimbangkan alokasi waktu pelaksanaan lelang hingga waktu pelaksanaan pengerjaan etle selama 5 bulan," pesan Latif.

BACA JUGA:Dari Land Cruiser, Prado hingga Innova, Inilah Daftar Mobil Mewah Dana Hibah Kodam Jaya

Diketahui, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal memberikan dana hibah kepada Polda Metro Jaya senilai Rp75,4 Miliar untuk mendukung pemberlakuan tilang secara elektronik (electronic traffic law enforcement/ETLE) tahap ketiga 2023.

"Untuk tahun ini yg sudah masuk dalam APBD tahun 2023 total adalah Rp 75,4 miliar untuk 70 titik ETLE," kata Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo usai rapat bersama Ditlantas Polda Metro Jaya di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, 24 Januari 2023.

Syafrin mengatakan ETLE tahap tiga akan tersebar di 70 ruas jalan Jakarta. Jumlah ini bertambah jika dibandingkan dengan penambahan ETLE tahap satu dan dua dengan total 57 titik. 

"ETLE tahap ketiga akan tersebar di 70 titik ruas jalan di Jakarta, menambah ETLE tahap satu dan dua yang sudah ada sebelumnya di 57 titik. Sekarang sudah operasional 57 ditambah 70 nanti sehingga total menjadi 127," ujar dia. 

Sumber: