Dari Land Cruiser, Prado hingga Innova, Inilah Daftar Mobil Mewah Dana Hibah Kodam Jaya

Dari Land Cruiser, Prado hingga Innova, Inilah Daftar Mobil Mewah Dana Hibah Kodam Jaya

Rapat Koordinasi Komisi A DPRD DKI Jakarta dengan Satpol PP-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta memberikan dana hibah kepada 2 instansi yakni, Kodam Jaya dan Korps Marinir Pasmar 1 untuk keperluan kendaraan mewah. 

Adapun rinciannya yaitu Kodam Jaya sebesar Rp 11 miliar dan Korps Marinir Pasmar 1 sebesar Rp 12,19 miliar.

"Beberapa yang diajukan oleh Kodam Jaya yaitu pengadaan kendaraan dinas, jadi beberapa yang masuk dalam hibah tahun ini. Kedua adalah dari Marinir Pasmar 1. Besarannya Rp 12 miliar sekian, kebutuhannya adalah yang berkaitan dengan perlengkapan huru-hara," kata Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin dalam rapat bersama Komisi A DPRD DKI Jakarta, Selasa 17 Januari 2023.

BACA JUGA:Satpol PP DKI Jakarta Hibah Mobil Mewah ke Kodam Jaya, Anggota DPRD: Apa Urusannya?

Arifin menjelaskan besaran hibah Rp11 miliar dari Satpol PP DKI ke Kodam Jaya untuk pengadaan kendaraan dinas pejabat Kodam Jaya. Rinciannya Land Cruiser, Prado, 2 Fortuner, dan 6 Innova. 

Sementara dana hibah Rp 12,19 miliar untuk Koprs Marinir Pasmar 1 rencananya digunakan untuk membeli peralatan perlengkapan antihuru-hara. 

Adapun rinciannya sebagai berikut: 400 buah helm, sarung helm, tameng, rompi, tongkat pentungan, full face gas masker ; 800 buah canister; 800 pasang sarung tangan PHH, 20 buah megafon; 5 unit kendaraan taktis PHH 4x4 double cabin; 1 unit Kendaraan komandan 4x4 komandan; 1 unit Kendaraan komandan 4x4 wakil komandan. 

BACA JUGA:Dishub DKI Ajukan Anggaran Rp 485 Milliar Buat Polda Metro Dan Kodam Jaya, Ini Kata Pemprov DKI

"Kedua adalah dari Marinir Pasmar 1. Besarannya Rp12 miliar sekian, kebutuhannya adalah yang berkaitan dengan perlengkapan huru hara. Ini menjadi kebutuhan Pasmar," tutupnya. 

Sementara Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Thopaz Nuhgraha mengatakan, seharusnya dana hibah bisa dipakai untuk kebutuhan yang lebih bermanfaat. 

"Ini jelas contohnya, hibah yang diakomodir Pol PP pengadaan KDO (kendaraan dinas operasional). Provinsi kita masih butuh yang banyak, Pak, kenapa ngasih kendaraan KDO mobil Land Cruiser? Apa urusannya kita ngasih duit buat beliin mereka Land Cruiser?" kata Thopaz saat rapat kerja Komisi A DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa 17 Januari 2023.

Thopaz menjelaskan pemberian hibah dalam bentuk mobil mewah bukanlah suatu hal yang penting. Sehingga, ia menilai pemberian itu tidaklah tepat. 

BACA JUGA:Kodam Jaya Terjunkan 1.330 Prajurit TNI, Dipastikan Tak Ada yang Membawa Senpi dan Sajam

"Masyarakat pasti akan teriaknya ke kita, Dewan mengawasinya kok ada hibah Rp 11 miliar untuk pembelian kendaraan operasional, itu kan kurang tepatlah, bukan tidak benar, tapi kurang tepat. Karena itu, boleh-boleh saja, sah-sah saja dilakukan, tapi kemudian di nomor tiga empatlah skala prioritasnya," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: