Terbaru, Harga BBM Pertamina Berubah pada 1 Februari 2023? SPBU Resmi Jual Biodiesel B35 Setara Solar Kualitas Pertamina Dex dan Dexlite

Terbaru, Harga BBM Pertamina Berubah pada 1 Februari 2023? SPBU Resmi Jual Biodiesel B35 Setara Solar Kualitas Pertamina Dex dan Dexlite

Harga setara Pertalite secara resmi turun harga.-Foto/Dok/MyPertamina-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina diperkirakan berubah pada 1 Februari 2023. Di saat yang sama SPBU resmi jual Biodiesel B35 setara Solar namun kualitas sama dengan Pertamina Dex dan Dexlite.

Harga BBM terbaru Pertamina disebut-sebut bakal turun karena dipengaruhi oleh penurunan harga minyak mentah dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat.

Melansir kurs transaksi Bank Indonesia pada Senin, 30 Januari 2023, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS adalah Rp14.903,11 per dolar AS.


BBM Biodiesel atau biosolar akan segera berlaku 1 Februari 2023 menggantikan Biosolar B30.-esdm

BACA JUGA:Ini Daftar Harga BBM Terbaru di DKI Jakarta, Cek Harga Pertalite-Pertamax di Seluruh SPBU Hari Ini, Senin 30 Januari 2023

Pada pekan lalu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS adalah Rp14.885 per dolar AS.

Sementara, harga minyak mentah dunia jenis Brent pada Senin, 30 Januari 2023 berada pada level 87,45 dolar AS per barel, jenis light sweet (West Texas Intermediate/WTI) 80,37 dolar AS per barel.

Sejumlah pengamat memprediksi harga BBM Pertamina non Subsidi jenis Pertamax di harga Rp11.900 per liter, yang kemungkinan besar akan diikuti jenis BBM non subsisi lain seperti Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite.


Pemerintah melalui Kementerian ESDM RI akan segera memberlakukan BBM Biodiesel atau Biosolar B35 1 Februari 2023. dok.radarseluma

PT Pertamina (persero) biasanya mengumumkan harga BBM terbaru setiap tanggal 1 per bulannya.

BACA JUGA:Daftar 193 Kota Beli BBM Wajib Gunakan QR Code, BBM Turun Rp 2.150 per Liter? Cek Harga Pertalite-Pertamax Hari Ini

Harga BBM non subsidi yang paling memungkinkan mengalami penurunan sebagai dampak dari turunnya harga minyak mentah dunia. Kondisi ini diperkuat dengan naiknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Harga BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar juga bisa turun karena beban subsidi pun akan lebih rendah karena penurunan harga minyak mentah dunia dan penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Dengan harga BBM terbaru Pertamina pada 1 Februari 2023 itu, lanjut Bhima, akan membuat pergerakan ekonomi menjadi positif.

Bhima Yudhstira, Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) menyebutkan, mengungkapkan hal tersebut menimbang beban subsidi yang turut berkurang karena harga minyak mentah dunia yang turun dan kurs Rupiah yang menguat.

BACA JUGA:Update BBM Hari Ini: Cek Harga BBM Pertalite Hingga BP Diesel, Ada yang Turun Rp 2.350/Liter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: