Cek Anak Stunting di Semper, Heru Budi: Mereka Sehat, Cuma Tinggi Kurang 3 Cm

Cek Anak Stunting di Semper, Heru Budi: Mereka Sehat, Cuma Tinggi Kurang 3 Cm

PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau langsung kondisi anak yang mengalami stunting di RPTRA Rumah Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Triputra Persada Hijau, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa, 31 Januari 2023.

"Hari ini saya dengan Kepala Dinas Kesehatan meninjau (stunting) di Semper Barat. Tadi malam saya kontak Pak Wali Kota Jakarta Utara terkait dengan hasil rapat kemarin saya dengan BKKBN dan BPS, di mana saya ingin melihat langsung kondisi stunting dan penanganannya," kata Heru kepada wartawan di lokasi.

BACA JUGA:BPS: Angka Migrasi ke Kalimantan Meningkat Tajam, Imbas Ibu kota Mau Pindah!

Dari peninjauan ini, Heru menemukan 50 anak terkena stunting. Dari 50 anak tersebut, kasus stunting. Sebanyak 21 anak dinyatakan telah selesai penanganan dari kasus stunting. 

Heru menyebut kondisi anak yang mengalami stunting sehat dan ceria. Namun, tinggi badan kurang dari standar organisasi kesehatan dunia (WHO).

"Tadi saya diskusi dengan Bu Dokter Hesti, anak-anaknya ceria. Cuma kadang pendeknya kurang 2-3 cm. Kurang 1 cm sesuai standar WHO (tapi) mereka ya sehat normal. Tidak seperti yang saya bayangkan kondisinya," ujarnya.

BACA JUGA:KPK Dapat Penyidik Baru Dari Polri, Bentuk Sinergitas Polri dengan KPK

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya bakal melakukan beberapa pendekatan untuk menekan kemiskinan ekstrem dan penanganan stunting di Ibu Kota.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mengatakan pendekatan tersebut dilakukan dengan dua cara yaitu pendekatan secara preventif dam pendekatan secara kuratif.

"Tentunya pendekatan secara preventif dan juga untuk yang sudah diidentifikasi sebagai stunted itu juga harus dilakukan pendekatan kuratif," ujar Atikah kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin 30 Januari 2023.

Setelah itu, kata Atikah, pihaknya juga bakal melakukan proffiling terhadap masyarakat di DKI. Selanjutnya, Pemprov DKI bakal melakukan penggambaran setiap warga guna melakukan intervensi yang tepat sesuai kebutuhan warga. Dalam strategi nasional, kata dia, sudah ditentukan beberapa target yang harus diintervensi.

"Arahan terkait penanganan stunting tentunya adalah penetapan data sasaran yang tepat sehingga kita dapat melakukan profiling yang tepat terhadap dara stunting itu sendiri," ujarnya.

BACA JUGA:Duplik Pihak Sambo Anggap Replik JPU Tidak Mendasar, Singgung Frustrasi dan Halusinasi Jaksa

"Kemudian dari profiling itu baru kita bisa lakukan intervensi secara lebih tepat terhadap sasaran tersebut," sambungnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: