Jokowi Bakal Umumkan Larangan Ekspor Tembaga Mentah

Jokowi Bakal Umumkan Larangan Ekspor Tembaga Mentah

Presiden Joko Widodo-Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden-Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menyusul kebijakan serupa yang telah berlaku untuk nikel disusul bauksit per Juni 2023 nanti, Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengumumkan kebijakan larangan ekspor tembaga mentah pada tahun ini

“Ini nikel sudah setop. Saya sudah sampaikan lagi, bauksit di Desember kemarin, bauksit setop bulan Juni. Nanti sebentar lagi, mau saya umumkan lagi tembaga setop, tahun ini setop,” ujar Presiden Jokowi, Rabu 2 Februari 2023.

BACA JUGA:Pembacaan Duplik: Kubu Ferdy Sambo Minta Kliennya Dibebaskan Dari Segala Tuntutan

BACA JUGA:Masalah Pencernaan Bikin Ganggu? Coba Rutin Konsumsi 5 Minuman Ini!

Jokowi juga mengatakan, keputusan untuk penghentian ekspor tembaga mentah didasari oleh progres pembangunan smelter di Gresik, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sudah mencapai lebih dari 50 persen.

“Saya cek kemarin, smelternya Freeport dan smelter yang ada di NTB sudah lebih dari 50 persen jadi. Freeport itu sudah 51 persen jadi. Jadi, berani kita setop,” ungkapnya.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia saat ini telah menjadi pemegang saham mayoritas PT Freeport Indonesia.

BACA JUGA:Link Nonton Mantan Tapi Menikah Web Series Terbaru, Episode Lengkap 1-3 pada 1 Februari 2023

BACA JUGA:Ini Dia Komisaris Ancol Terbaru, Eks Kepala BNPT Suhardi Alius

“Supaya ingat, Freeport itu sudah mayoritas milik kita. Jadi jangan terbayang-bayang, jangan terbayang-bayang lagi Freeport itu masih miliknya Amerika Serikat, sudah mayoritas kita miliki,” jelasnya.

Jokowi juga menegaskan bahwa Indonesia akan terus melanjutkan kebijakan hilirisasi pertambangan meskipun mendapatkan gugatan dari negara lain. Kebijakan hilirisasi, imbuhnya, akan melompatkan Indonesia dari negara berkembang menjadi negara maju.

“Kalau nanti digugat, kita mundur, kita belok, enak lagi ekspor bahan mentah, lupakan kita menjadi negara maju,” tegas Jokowi.

BACA JUGA:Ini Daftar 10 Pemain Termahal Liga Inggris Usai Enzo Fernandez Resmi Direkrut Chelsea, Manchester United Mendominasi

BACA JUGA:Setelah 4 Tahun Vakum, Kejurnas Motor Sport Kembali Digelar, Bertajuk Mandalika Racing Series

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: