Warga Mengeluh Skywalk Kebayoran Lama Berbayar, Dinas Bina Marga DKI Jakarta Bakal Bangun JPO Gratis

Warga Mengeluh Skywalk Kebayoran Lama Berbayar, Dinas Bina Marga DKI Jakarta Bakal Bangun JPO Gratis

Skywalk Kebayoran Lama-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dinas Bina Marga DKI Jakarta berencana membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) di dekat Skywalk Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 

Kebijakan ini direncanakan usai beberapa warga mengeluh mengenai tarif bagi masyarakat yang melintas di Skywalk Kebayoran Lama. 

"Memang sebenarnya skywalk dan JPO berbeda fungsi. Kalau Skywalk untuk digratiskan itu harus dikaji dulu sistem tiketingnya antara Transjakarta dan KCI," ujar Kadis Bina Marga, Hari Nugroho saat dikonfirmasi, Selasa 7 Februari 2023.

BACA JUGA:Kronologi Terbakarnya Pesawat Susi Air di Nduga Papua

BACA JUGA:Hadiri Puncak Peringatan 1 Abad NU, Ini Harapan Jokowi ke Lembaga Pendidikan NU

BACA JUGA:Siap-Siap, Sepeda Motor Juga Wajib Bayar di 25 Jalan DKI Jakarta Ini

Hari menyebutkan rencana pembangunan JPO akan dilakukan tahun 2023 di sekitar Skywalk Kebayoran Lama.

"Jadi nanti dari halte Transjakarta koridor 8 berjarak sekitar 180 meter. Nah, kalau JPO ini gratis untuk semua yang melintas," lanjutnya.

Sebelumnya, pembangunan Skywalk Kebayoran Lama Jakarta Selatan khusus bagi masyarakat yang menggunakan layanan transportasi umum. Selain itu, pengguna Skywalk harus membayar dengan cara tap in tap out sebesar Rp3.500

Skywalk itu mengintegrasikan Stasiun Kebayoran Lama dan Halte Transjakarta Kebayoran Lama koridor 8 dan Velbak, Jakarta Selatan.

Bagi warga yang sebelumnya menggunakan transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) lalu beralih ke Transjakarta atau sebaliknya melintasi skywalk diharuskan melakukan tap in tap out.

"Memang itu skywalk memudahkan penumpang ke 3 moda transportasi. Jadi harus pakai kartu (tap in tap out)," kata Hari menjelaskan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: