OPM: Pilot Pesawat Susi Air Kami Sandera!

OPM: Pilot Pesawat Susi Air Kami Sandera!

Pilot Susi Air, Philip Mertenz masih dalam pencarian setelah sempat diserang KKB, Selasa 7 Februari 2023-Ilustrasi-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) pimpinan Egianus Kogoya mengakui telah membakar pesawat Susi Air yang baru saja mendarat di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Selasa pagi, 7 Februari 2023.

Dalam keterangan tertulisnya, juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengaku telah menyandera pilot dari pesawat tersebut. 

"Pilotnya kami sudah Sandera dan kami sedang bawa keluar, untuk itu anggota TNI-Polri tidak boleh tembak atau interogasi masyarakat sipil Nduga sembarang, karena yang melakukan adalah kami TPNPB OPM Kodap III Ndugama-Derakma di bawah Pimpinan Panglima Brigjen Egianus Kogoya," kata dia dalam keterangannya. 

BACA JUGA:Pesawat Susi Air Terbakar di Papua!

Kelompok ini menyampaikan tuntutan kepada Pemerintah RI untuk menghentikan jalur masuk ke Kabupaten Nduga dan akan melepaskan pilot setelah RI melepas Papua.

"Kami TPNPB Kodap III Ndugama-Derakma tidak akan pernah kasih kembali atau kasih lepas pilot yang kami Sandera ini, kecuali NKRI mengakui dan lepaskan kami dari negara kolonial Indonesia (Papua merdeka)," kata dia dalam keterangannya. 

BACA JUGA:Satu Abad NU, Gus Yahya Godok Fiqih Peradaban

Menurut Sebby, ini kali kedua mereka melakukan penyanderaan.

"Pertama penyelenggaraan Tim Lorenz pada tahun 1996 di Mapenduma," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: