Kompolnas Minta Penyidik Diperiksa Propam, Diduga Tak Profesional Tangani Kecelakaan Mahasiswa UI, Sempat Tetapkan Almarhum Hasya jadi Tersangka

Kompolnas Minta Penyidik Diperiksa Propam, Diduga Tak Profesional Tangani Kecelakaan Mahasiswa UI, Sempat Tetapkan Almarhum Hasya jadi Tersangka

Ira menunjukan foto putranya Hasya Atallah yang tewas ditabrak pensiunan polri namun ditetapkan sebagai tersangka, Jumat 27 Januari 2023.-Facebook-

JAKARTA, DISWAY.ID-Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) mendesak agar penyidik yang menetapkan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhamad Hasya Atallah Sahputra sebagai tersangka, diperiksa. 

"Kami mendorong penyidik yang diduga tidak profesional agar diperiksa Propam," kata Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti, dalam keterangannya, Selasa 7 Februari 2023.

Poengky mengatakan, sebelum menetapkan Hasya sebagai tersangka, diduga ada ketidakprofesionalan dalam melakukan penyelidikan hingga penyidikan. 

BACA JUGA:Keluarga Apresiasi Atas Pencabutan Status Tersangka Hasya

BACA JUGA: Status Tersangka Almarhum Hasya Atallah Berubah, Begini Penjelasan Polisi

Serta adanya dugaan keberpihakan kepada penabrak atau AKBP (Purn) Eko Setio BW.

"Menjadikan kasus ini menjadi perhatian publik. Jika sejak awal penyidik profesional dalam melakukan lidik sidik dengan didukung scientific crime investigation, kami yakin kasus ini tidak akan menjadi seperti ini," jelasnya.

Dilanjutkan Poengky bahwa dugaan tidak profesional itu bisa terbaca setelah gelar perkara ulang dengan melakukan rekonstruksi khusus oleh Polda Metro Jaya bersama tim gabungan.

"Ternyata menemukan bukti-bukti baru, Polda kemudian mencabut status tersangka Hasya dan memulihkan nama baik Almarhum," paparnya.

BACA JUGA:Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI: Hasya Diduga Tewas di Lokasi

Poengky berharap jika kasus kecelakaan yang menewaskan Hasya semacam ini tidak terjadi kembali. Dengan menitikberatkan, pelaksanaan penyelidikan hingga penyidikan secara profesional.

"Sehingga diharapkan penyidik lalu lintas selalu profesional dalam melakukan lidik sidik. Kami yakin jika penyidik profesional dengan mengoptimalkan dukungan scientific crime investigation, kasus Hasya akan dapat diselesaikan dengan baik," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: