Erdogan Tolak Kritik Atas Respons Lambat Pasca Gempa Turki: 'Tidak Mungkin Siap Hadapi Bencana Seperti Ini'

Erdogan Tolak Kritik Atas Respons Lambat Pasca Gempa Turki: 'Tidak Mungkin Siap Hadapi Bencana Seperti Ini'

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan-Instagram/rterdogan-Instagram/rterdogan

Menurut pejabat Suriah dan kelompok penyelamat di Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak, jumlah korban tewas di sana telah mencapai 2.992, sehingga total keseluruhan menjadi 15.383.

Para ahli memperkirakan jumlah korban di kedua negara akan meningkat lebih jauh, dan mungkin lebih dari dua kali lipat, karena ratusan bangunan yang runtuh di banyak kota telah menjadi kuburan bagi orang-orang yang sedang tidur ketika gempa pertama melanda di pagi hari.

Erdoğan, mewaspadai dampak dari persepsi kegagalan pemerintahnya dalam menanggapi gempa paling mematikan di Turki sejak 1939, telah mengumumkan keadaan darurat di daerah yang bersangkutan dan mengirim pasukan untuk membantu. Dia juga menjanjikan perumahan baru dalam setahun bagi mereka yang kehilangan tempat tinggal di 10 provinsi yang terkena dampak, di mana diperkirakan 64.000 bangunan telah hancur.

Kemal Kılıçdaroğlu, pemimpin partai oposisi utama Turki, pada hari Rabu menuduh pemerintah gagal bekerja sama dengan otoritas lokal dan melemahkan organisasi non-pemerintah yang dapat membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: