6.8 Ton Logistik Kesehatan Meluncur ke Turki, 3 Tim Polri Siap Bergabung

6.8 Ton Logistik Kesehatan Meluncur ke Turki, 3 Tim Polri Siap Bergabung

Pasca dua gempa besar Turki 7.8 SR dan 7.6 SR, sebanyak 131 kontraktor diburu pemerintah Turki. -tangkapan layar twitter@bozolunurr -

JAKARTA, DISWAY.ID – Sebanyak 6.8 ton logistik kesehatan meluncur ke Turki dari pemerintah Indonesia yang juga akan didukung oleh 3 tim dari Polri.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dante Saksono selaku Wamenkes RI.

Dante menjelaskan pemerintah RI melalui Emergency Medical Team (EMT) dari Kementerian Kesehatan segera mengirimkan bantuan ke Turki berupa perlengkapan kesehatan sebanyak 6.8 ton.

Bantuan 6.8 ton logistik kesehatan di kirimkan untuk membantu menangani korban di wilayah bencana.

BACA JUGA:Salam Baru

BACA JUGA:Erma Respons Komentar Santai Ganjar Soal Polemik di PT SAI Grobogan: Kalau TKA Memaki, Mencaci Ngata-ngatain Boleh?

Nantinya bantuan untuk Turki tersebut akan dikordinasi oleh pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Sebanyak 6.8 ton logistik kesehatan akan dikirimkan oleh Kemenkes ke Turki dan ini sesuai perencanaan prosedur medik yang telah direncanakan minggu pertama dan kedua,” terang Wamenkes Dante Saksono.

Dante menjelaskan jika bantuan, EMT yang dikirimkan tersebut untuk membantu korban gempa Turki dalam beberapa tahap.

“Pada minggu pertama, merupakan layanan yang paling penting berupa gawat darurat dan prosedur bedah. Hal tersebut dikarenakan banyaknya korbann gempa yang patah mengalami patah tulang dan perlu dioperasi karena luka,” tuturnya.

BACA JUGA:Mayat Wanita dengan Luka Tembak di Dada Kiri Ditemukan di Penjaringan

BACA JUGA:WNI Ditangkap Kibarkan Bendera Demokrat di Madinah Arab Saudi, Irjen Krishna Murti : Akan Kita Cek

Sedangkan pada minggu kedua, EMT akan menangani penyakit menular dan penyakit kronik, di mana hal ini berkaitan dengan situasi tempat pengungsian yang tidak higienis.

Tak hanya itu, pihak Polri akan mengirimkan personelnya dalam rangka operasi kemanusiaan untuk membantu korban gempa bumi Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: