Turki Kembali Diguncang Gempa M 6.4, Warga Hatay Berhamburan Menyelamatkan Diri

Turki Kembali Diguncang Gempa M 6.4, Warga Hatay Berhamburan Menyelamatkan Diri

Kembali wilayah Turki diguncang gempa berkekuatan M 6.4 pada Senin 20 Februari 2023 malam tepatnya di wilayah Hatay. -Tangkapan layar twitter @Deedagbaloch32 -

JAKARTA, DISWAY.ID – Kembali wilayah Turki diguncang gempa berkekuatan M 6.4 pada Senin 20 Februari 2023 malam.

Gempa tersebut membuat penduduk provinsi Hatay Turki berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. 

Akibat gempa M 6.4 tersebut diungkapkan oleh pemerintah setempat jika berdasarkan data sementara terdapat 6 orang yang meninggal dunia.

Gempa susulan yang berpusat di provinsi Hatay Turki tersebut tergolong dangkal yang berarti menimbulkan bahaya serius bagi mereka yang berada di zona gempa.

BACA JUGA:6 Contoh Bersedekah di Bulan Suci Ramadan, Apa Saja?

BACA JUGA:Ini 5 Makanan yang Wajib Dihindari di Pagi Hari

Dari informasi Pusat Seismologi Mediterania Eropa gempa tersebut berpusat di provinsi paling selatan Turki Hatay pada kedalaman 2 km (1,2 mil).

Sedangkan Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan tiga orang tewas dan lebih dari 200 lainnya cedera.

Wilayah sektar Hatay juga ikut merasakan guncangan gempa dengan kekuatan yang bervariasi, mulai dari M 5.8 hingga M 6.4, bahkan getaran gempa terasa hingga Suriah, Yordania, Israel, dan Mesir.

BACA JUGA:Corpu Inspirasi

BACA JUGA:Pengamat Pemilu: Tiktok Bakal Jadi Tren Baru untuk Kampanye Pilpres 2024

Karena provinsi Hatay berada di Laut Mediterania, badan bencana meminta agar warga untuk menjauh dari pantai dan mengatakan bahwa gempa tersebut kemungkinan dapat menyebabkan permukaan laut naik 50 cm.

Kantor berita negara Suriah, SANA, melaporkan enam orang terluka di Aleppo akibat puing-puing yang berjatuhan, sementara walikota Hatay mengatakan sejumlah bangunan telah runtuh, menjebak orang di dalamnya.  

Akibat gempa tersbeut membuat beberapa bangunan di wilayah Hatay mengalami kerusakan dan di khawatirkan adanya gempa susulan yang akan merobohkan bangunan separti gempa besar beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: